menu melayang

Rabu, 21 Juni 2023

Bahasa Asing, Penting Gak Sih?


Tangerang Selatan, 17 Juni 2023

Pada hari Sabtu lalu, 17 Juni 2023, PKN STAN mengadakan kuliah umum mata kuliah Kewarganegaraan untuk mahasiswa DIV Reguler semester 2. Kuliah umum ini dilaksanakan secara luring di Gedung Student Center PKN STAN dengan mengusung tema “Indonesia dan Peranannya dalam Perdamaian Dunia”. Tentunya juga mengundang narasumber yang tak kalah keren, yaitu Bapak Zuhairi Misrawi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia.

Kuliah umum Kewarganegaraan kali ini membahas mengenai peranan negara Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia. Di masa yang akan datang, Indonesia juga diharapkan akan melahirkan generasi unggul yang akan membawa perubahan baik di level nasional maupun di level internasional. Pak Zuhairi menjelaskan bahwa seperti kata Bung Karno, masyarakat Indonesia harus hidup di taman sari dunia. Di mana hal tersebut sesuai dengan tujan dan cita-cita Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea ke-IV, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Hal itu bisa dilakukan dengan cara salah satunya adalah menguasai bahasa asing terutama Inggris.

Mengapa bahasa Inggris menjadi suatu hal yang sangat penting? Bahasa Inggris adalah suatu hal yang sangat penting untuk kita kuasai terlebih di era ini karena bahasa Inggris adalah bahasa persatuan dunia. Ketika kita memiliki kemampuan bahasa Inggris, itu akan menjadikan kita memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk berkembang di kancah internasional. Saat ini, kita harus menghadapi perubahan zaman menjadi serba digital di mana kita bisa mendapatkan segala informasi dengan sangat mudah. Mau tak mau, kita harus beradaptasi dan melek tentang pentingnya mempelajari bahasa asing karena dengan memiliki kemampuan untuk menguasai bahasa asing adalah salah satu hal yang harus kita miliki untuk bertahan di era ini.

Di dalam pemaparannya tersebut, beliau menyimpulkan bahwa Indonesia harus Bersiap untuk berperang di kancah dunia, yaitu dengan cara mempelajari dan menguasasi bahasa asing terutama bahasa Inggris. Dengan begitu, kita bisa ikut berperan di dunia internasional dan mewujudkan perdamaian dunia. Kedua, yaitu dengan mengenal negara Indonesia sendiri. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus mengerti dan memahami dulu mengenai negara kita sendiri. Sebelum belajar tentang negara asing, kita perlu mengenal negara Indonesia terlebih dahulu.

Related Post

Back to Top

Cari Artikel