menu melayang

Selasa, 30 April 2019


Women’s Day 2019
PKN STAN berhasil menggelar acara talkshow Women’s Day pada hari Sabtu (26/4) bertempat di Student Center PKN STAN dengan mengusung tema Pemberdayaan Wanita: “Menjadi Wanita yang Sukses dan Menginsipirasi, karena Impian Tidak Mengenal Gender” . Talkshow ini menghadirkan tiga narasumber wanita eselon I yang sekaligus merupakan alumni STAN diantaranya Sumiyati, Ak., M.F.N (Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan), Dr. Elly Fariani, Ak., Msc (Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo 2014-2017), dan Mirawati Sudjono, Ak., Msc, CA, CFr.A, CACP (Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB 2013-2016).

Mengawali acara Talkshow Women’s Day, yang seluruh pesertanya adalah mahasiswi, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan oleh penampilan SSP Choir membawakan lagu When You Believe. Membuka acara, Rahmadi Murwanto, Ph.D. selaku Direktur PKN STAN menyampaikan sambutan yang menekankan bahwa dengan proporsi wanita yang banyak seharusnya wanita bisa mengambil posisi-posisi penting di negeri ini. Namun, di dalam lingkungan kampus PKN STAN, masih banyak posisi penting dalam organisasi maupun kepanitiaan yang diduduki oleh laki-laki.

Talkshow yang dimoderatori oleh Ani Natalia, SE, Mec, CPS, CPM, MPR (Kasubdit Humas Perpajakan DJP) terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diawali talkshow dengan narasumber Sumiyati dan Elly Fariani. Dalam sesi tersebut kedua narasumber membagikan kisahnya mulai dari perjuangan meraih cita-cita hingga time management dalam membagi peran sebagai ibu dan pegawai. Hal menarik yang disampaikan oleh Sumiyati, menurutnya perempuan tidak boleh setengah-setangah dalam membagi peran di rumah maupun di kantor, keduanya harus dilakukan penuh 100%. Pesan lain juga disampaikan Elly Fariani, ia menyampaikan kepada seluruh mahasiswi yang hadir untuk mengejar mimpi selagi masih bisa dan merebut kesempatan selagi masih ada. Setelah sesi pertama usai, sesi kedua dilanjutkan dengan narasumber Mirawati Sudjono. Dalam sesi kedua, wanita penyuka warna ungu tersebut menceritakan perjuangannya melakukan perubahan dengan inovasi dalam bidang pelayanan publik ketika menduduki posisi deputi bidang pelayanan publik Kementerian PANRB hingga dapat mengantarkan Indonesia memperoleh gelar juara pada pelaksanaan United Nation Public Service Awards (UNPSA), yaitu ajang kompetisi pelayanan publik tingkat dunia pada tahun 2015 di Medellin, Colombia.

Ditemui di penghujung acara, Ani Natalia mengapresiasi acara talkshow Women’s Day ini, menurutnya kesempatan yang diberikan kampus kepada mahasiswi untuk bisa belajar langsung dengan menghadirkan tiga eselon satu wanita merupakan hal yang langka. “Orang-orang sukses itu belum tentu bisa punya kesempatan ngobrol dan yang dilakukan oleh kampus yaitu memberikan kesempatan kepada mahasiswi untuk belajar dari senior-senior kita yang sudah benar-benar melanglang buana dan sangat sukses. Saya sangat apresiasi, salut, bangga, dan semoga bisa menginspirasi adik-adik sekalian untuk maju terus dan meraih mimpi,” ungkapnya.

Nada positif juga disampaikan oleh Direktur PKN STAN yang menyatakan bahwa acara ini melebihi dari ekspektasi yang telah ditargetkan walaupun masih perlu beberapa evaluasi karena acara mengenai masalah gender terutama peran wanita baru pertama kali diselenggarakan, selain itu keberadaan elemen kampus yang berfokus terhadap isu gender dianggap perlu.


Related Post

Back to Top

Cari Artikel