menu melayang

Sabtu, 01 April 2023

Jalani Rutinitas dengan Antusias di Bulan Ramadhan

Tak terasa kita telah memasuki bulan Ramadhan di mana bulan ini adalah bulan yang berkah dan penuh kebaikan. Menilik kembali bulan Ramadhan tahun lalu, kita masih melaksanakan puasa di tengah-tengah pandemi. Akan tetapi, hal itu berbeda dengan tahun ini. Setelah dinyatakan bahwa PPKM (Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) resmi dicabut, Indonesia perlahan semakin pulih. Hal tersebut menyebabkan kembalinya rutinitas masyarakat baik dalam bidang ekonomi maupun pendidikan. Oleh karena itu, tentunya Ramadhan kali ini memberikan nuansa yang baru.

Mungkin sebagian orang, saat bulan puasa ada yang merasa kinerja mereka tidak maksimal dan mereka harus tetap menjalankan rutinitasnya. Mungkin ini adalah beberapa tips yang bisa kalian ikuti untuk meningkatkan semangat dalam menjalankan rutinitas di bulan Ramadhan.

1.      Stimulasi diri dengan hal-hal yang baik

Kita harus mengawali hari dengan bahagia. Hal itu dilakukan dengan cara memantapkan hati bahwa hari ini akan berjalan dengan baik dan lancar. Dengan mood yang baik, kita pasti akan dapat menjalankan rutinitas kita dengan baik pula.

2.      Miliki kualitas tidur yang sehat dan cukup

Tidur merupakan hal hal yang sangat penting bagi kesehatan. Akan tetapi, tidak hanya untuk kesehatan saja melainkan juga sangat penting bagi kondisi psikologis seseorang. Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang buruk maka ia akan tidak akan bisa menjalankan aktivitasnya dengan lancar. Tidur selama 7-9 jam per hari adalah lama waktu yang dianjurkan untuk orang dewasa. Tidur 7-9 jam per hari saja belum cukup, tetapi juga perlu diimbangi dengan kualitas tidur yang sehat seperti tidak menggunakan gawai sebelum tidur, makan makanan berat sebelum tidur, dan sebagainya. 

3.      Lakukan olahraga ringan

Dengan menjalankan ibadah puasa tak ayal membuat kita bermalas-malasan. Olahraga ringan di saat puasa juga diperlukan. Bahkan, melakukan olahraga saat puasa dapat meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Hal itu dikemukakan dalam penelitian Open Access Journal Of Sports Medicine (2020). Selain itu, olahraga bisa meningkatkan mood seseorang. Olahraga yang dapat dilakukan bisa dikondisikan sesuai dengan kesehatan masing-masing.

4.      Minum air putih yang cukup

Saat bulan puasa, sering kali tubuh mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk mengonsumsi air putih minimal 1,5-2 liter per hari. Bisa dilakukan dengan minum saat berbuka, setelah berbuka, sebelum tidur, saat bangun sahur dan setelah sahur. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, kita tidak akan merasa lemas dan lesu karena kekurangan cairan tubuh.

5.      Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang

Asupan tubuh adalah suatu hal yang harus diperhatikan apalagi saat bulan puasa. Untuk menjalani rutinitas dengan semangat, kita perlu mengatur dan menyeimbangkan asupan-asupan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Saat berbuka, sangat dianjurkan untuk tidak langsung makan makanan berat. Selain itu, awali berbuka dengan sesuatu yang manis (dari buah-buahan seperti melon, semangka, dan lain-lain) karena hal tersebut akan meningkatkan kadar gula tubuh yang menurun setelah berpuasa seharian. Ada pun saat sahur, dianjurkan untuk memakan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak supaya kita tidak merasa lemas selama berpuasa.

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti untuk meningkatkan semangat dalam menjalani rutinitas selama bulan puasa. Intinya, kita perlu menjaga keseimbangan kesehatan tubuh kita bukan hanya dari kondisi fisik saja, tapi melainkan kondisi psikologis juga. Dengan begitu, kita pasti akan bisa menjalani rutinitas dengan lancar tanpa halangan dan hambatan.

Related Post

Back to Top

Cari Artikel