menu melayang

Minggu, 12 Mei 2024

STAN People #1: Mengulik Tips dan Trik UTS Bersama Kak Argi

Halo Sobat MedCen! Welcome to STAN People! 

Apa itu STAN People? sebuah program untuk bertukar opini terkait isu terkini yang ada di PKN STAN dan tentunya hadir dengan narasumber-narasumber yang kece banget pokoknya.

Episode 1: STAN People hadir dengan Kak Argi Nurfajri sebagai narasumbernya! udah gak sabar topik apa yang akan kita bahas? check this out!

Sebelum masuk ke topik, kita kenalan dulu yuk sama Kak Argi. Siapa sih yang gak kenal sama Kak Argi? sosok yang selalu muncul dalam event-event yang ada di PKN STAN. Beliau adalah Presiden Mahasiswa Kabinet Satya Mada BEM PKN STAN. Saat ini Kak Argi tengah menempuh perkuliahan di semester 6 tepatnya Prodi D-IV Manajemen Keuangan Negara kelas 6 - Penerimaan 3. Yuk, intip pembahasan seputar UTS bersama Kak Argi!

Q: Persiapan apa saja yang Kak Argi lakukan untuk menyambut UTS?

Biasanya saya akan menelepon kedua orang tua saya terlebih dahulu seminggu sebelum UTS dilaksanakan untuk meminta doa restu, bukan hanya saat ujian namun restu untuk belajar. Kemudian, saya memetakan mata kuliah yang perlu pemahaman lebih dan juga dibantu oleh PIC kelas menyatukan materi dari pertemuan satu hingga tujuh, lalu kelas kami mengadakan tentir secara offline maupun online. Selain itu, saya menyempatkan olahraga minimal 20 menit sehari supaya saat UTS nanti kondisi tubuh tetap fit. 

Q: Bagaimana pendapat Kak Argi tentang belajar dengan sistem kebut semalam / SKS dan juga bagaimana cara meredakan kepanikan di h-1 UTS?

Kita perlu mengetahui sistem belajar yang cocok dengan kita, kalau memang dirasa mampu mengejar perkuliahan di waktu yang dekat seperti SKS ya tidak apa-apa karena yang mengetahui kapasitas kita juga diri kita sendiri. Tapi untuk orang-orang yang memahami bahwa sistem belajar nya tidak bisa SKS, maka materi perkuliahan itu perlu di breakdown jauh-jauh hari. Kemudian, kalau merasa panik di h-1 ya tidak apa-apa, itu adalah hal yang wajar karena kembali lagi itu merupakan tanggung jawab diri kita masing-masing namun, hal itu bisa diantisipasi ketika belajar jauh -jauh hari sebelum UTS. 

Q: PKN STAN dikenal dengan mahasiswanya yang ambis dalam belajar, bagaimana menurut Kak Argi dengan istilah “psytrap” yang ada di PKN STAN ini?

Menurut saya, orang yang Psytrap itu pasti ada dengan dua kemungkinan bahwa orang tersebut memang tidak belajar atau memang tidak ingin menunjukkan bahwa dirinya sudah belajar. Bukan berarti ingin menjatuhkan teman yang lain namun, hanya tidak ingin menunjukkan bahwa dirinya belum belajar walaupun terkadang sebenarnya sudah belajar. Intinya ada pada bagaimana kita menanggapi orang lain, misalnya teman kita bilang kalau belum belajar ya jangan berpikiran kalau kita ga perlu belajar juga justru berpikir bahwa ini menjadi kesempatan untuk bisa paham akan materi lebih awal. Kalau kita berpikiran seperti itu, maka kita sudah terkena “jebakan” maka, kita harus cerdas dalam menanggapi jawaban orang lain. 

Q: Bagaimana sih cara Kak Argi agar kehidupan perkuliahan dalam akademik maupun organisasi bisa seimbang ? melihat Kak Argi sebagai presiden mahasiswa yang pastinya sibuk dengan kepengurusan BEM PKN STAN

Menurut saya, menyeimbangkan kehidupan akademik maupun organisasi itu bisa dilakukan. Apalagi di organisasi kita bekerja secara tim dan bukan individu. Kita harus bisa memberikan porsi masing masing antara tugas perkuliahan dan organisasi. Sebagai pribadi yang harus menyeimbangkan keduanya, untuk akademik saya memberikan prioritas kepada mata kuliah yang menurut saya kurang saya kuasai sehingga di H-1 saya tinggal mereview ulang atau latihan soal. Di sisi organisasi, menurut saya dengan pembagian tugas dan wewenang yang jelas kehidupan organisasi kita akan aman aman saja. Point penting yang ditekankan disini adalah LAKUKAN dan jangan mengatakan saja, tetapi lakukanlah.

Q: Apa saja tips dan trik belajar cerdas versi Kak Argi untuk persiapan UTS?

Tips belajar saya yang pasti tidak mau psytrap. Saya tentunya belajar jauh-jauh hari sampai malam dan tidak lupa Ibadah nya. Breakdown materi jauh jauh hari. Trik nya mungkin kita bisa melihat soal soal di tahun lalu yang sesuai dengan RPS kemudian kita bisa pelajari sebagai gambaran UTS kali ini. Yang paling penting, setiap mata kuliah memiliki cara belajarnya masing-masing. Contohnya, Matematika Ekonomi, kita bisa sering latihan soal, dan PPKN kita harus paham dan hafal materinya. Artinya kita harus pandai menyesuaikan metode apa yang harus kita lakukan untuk setiap mata kuliah.Ikhlas adalah point utamanya, setelah kita berusaha dan berdoa maka kita haru ikhlas dengan hasilnya. Jika kurang maka kita harus mempersiapkannya jauh jauh lagi agar hasilnya lebih baik.

Q: Apa sih prinsip yang selama ini Kak Argi pegang sehingga Kakak bisa sampai di detik ini?

Prinsip yang saya pegang sampai saat ini adalah “Tabah sampai akhir”, tetapi setelah saya masuk di PKN STAN ada prinsip yang tidak kalah penting, yaitu “Integritas”. Hal ini sangat penting untuk diterapkan apalagi di masa ujian ini kita harus menjujung tinggi nilai integritas karena kampus ini akan terus menyelamatkan kamu, seperti jika nilai kamu kurang akan ada usaha-usaha yang dilakukan kampus, yaitu ujian ulang atau dikoreksi ulang oleh dosen lain. Yang paling penting adalah kamu boleh kurang dimanapun namun jangan sampai kamu kurang di AKHLAK.

Q: Terakhir nih kak, mengingat tahun ini adalah tahun terakhir angkatan 23 sebagai anak asrama. Apakah ada pesan khusus atau wejangan kepada angkatan Arundati?

Pesan khusus yang saya berikan adalah rekamlah setiap moment kalian selama di asrama karena asrama hanya satu tahun dan tidak akan bisa diulang. Rekamlah setiap moment selama berasrama agar teman-teman sekalian bisa mengenang nya. Moment moment, seperti beda pendapat dengan teman sekamar, saling rebutan mesin cuci, dan sebagainya itu akan menjadi kenangan karena setelah keluar asrama, teman teman sekalian akan memulai hidup baru sendiri sendiri di kost masing masing. Moment belajar bersama mungkin akan jarang atau seiring waktu akan hilang. Wejangan nya, setelah kalian keluar asrama jangan lupakan nilai nilai baik yang kalian dapat selama berasrama dan mulailah bertanggung jawab kepada diri sendiri.

Nahh, gimana nih Sobat MedCen tips and trik belajar UTS ala Kak Argi? Semoga membantu Sobat MedCen kedepannya untuk persiapan ujiannya ya !. Jangan lupa nantikan STAN people episode selanjutnya ya sobat MedCen.

 

Indah Marsya (Redaksi)

Zahira Nadine (Redaksi)

Related Post

Back to Top

Cari Artikel