menu melayang

Sabtu, 07 September 2019

Pusat Kajian Akuntansi dan Keuangan Publik




Pusat Kajian Akuntansi dan Keuangan Publik (PKAKP) adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di PKN STAN yang bertujuan memberi wadah bagi mahasiswa yang tertarik pada bidang penelitian dan akuntansi. PKAKP juga berperan mengkoordinasikan keikutsertaan mahasiswa PKN STAN dalam kompetisi akademik tingkat nasional dan internasional di bidang akuntansi, pajak, dan ekonomi.

Struktur organisasi dalam PKAK saat ini dibagi menjadi 4 bidang yaitu:
1.      Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisasi
Mengoordinasikan pelaksanaan tugas penguatan organisasi, kemitraan dengan pihak eksternal, pengembangan SDM, serta mengelola jaringan anggota PKAKP.

2.      Bidang Riset
Melakukan analisis isu terkini, mengelola database, dan pengembangan metodologi riset di bidang akuntansi dan keuangan publik

3.      Bidang Lomba
Melaksanakan pembinaan anggota dan/atau mahasiswa dalam rangka mengikuti perlombaan di bidang akademis

4.      Bidang Teknologi dan Informasi
Menyusun rencana strategis dan kebijakan teknologi informasi, menyusun analisis, perancangan, pengembangan serta implementasi sistem, melaksanakan operasional layanan teknologi informasi, mengoordinasikan seluruh unsur PKAKP dalam rangka penyediaan informasi publik, serta mngelola media dan desain dalam rangka penyediaan informasi publik.

Kegiatan utama dari PKAKP adalah secara rutin melakukan kajian ilmiah. Sealain itu dalam persiapannya mengikuti perlombaan PKAKP juga melakukan bimbingan bagi mahasiswa yang akan mengikuti lomba. PKAKP juga melakukan kegiatan kelas menulis bagi para anggotanya yang mana hasil tulisan tersebut akan diupload menjadi konten website PKAKP. Sedngkan untuk yang bersifat tahunan PKAKP mempunyai kegiatan yaitu Gajahsora. Gajahsora adalah kegiatan lomba dengan materi akuntansi untuk mahasiswa D3 tingkat 1 dan 2, untuk melihat potensi yang bisa disaring ke tim olimpiade PKN STAN.

Sejauh ini PKAKP sudah meraih banyak prestasi baik di tingkat nasional dan internasional. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh PKAKP antara lain:
Juara 2 Accounting Competition CPA 2013 Australia
Juara 1 Indonesian Tax Champion 2014 Universitas Trisakti
Juara 1 National Accounting Challenge STAN 2015
Juara 1 PAW 2017 Universitas Padjajaran

PKAKP hadir dalam berbagai platform online dan media sosial untuk berbagi informasi dan produk tulisannya. Akun-akun media sosial tersebut adalah:
Instagram        : @pkakp_stan
Line                 : @pkakp_pknstan
Twitter             : @PKAKP_PKNSTAN
Email               : pusatkajian.stan@gmail.com
Website           : pkakppknstan.wordpress.com


Related Post

Back to Top

Cari Artikel