STAN Entrepreneurship Education Center



STAN Entrepreneurship Education Center (SEEC) merupakan elkam di bawah Kementerian Ekonomi Kreatif BEM-KM PKN STAN yang bergerak di bidang kewirausahaan. Tujuan didirikannya SEEC adalah untuk mengumpulkan dan menampung mahasiswa-mahasiswa yang memiliki minat di bidang kewirausahaan. Berdiskusi dan bertukar pikiran seputar kewirausahaan, seperti bagaimana melakukan usaha yang benar dan apa saja yang perlu disiapkan untuk memulai usaha menjadi kegiatan utama SEEC.
SEEC hanya sebagai wadah penghimpun ide-ide kewirausahaan, sedangkan usaha yang dilakukan kembali pada anggota SEEC masing-masing. Sebagai pembekalan, selain diskusi dan bertukar pikiran, SEEC memberikan materi kewirausahaan kepada para anggota. Anggota SEEC periode 2018/2019 berjumlah 115 mahasiswa yang terdiri dari 25 mahasiswa angkatan 2017 dan 90 mahasiswa angkatan 2018.
SEEC dibentuk pertama kali pada tahun 2011 dan resmi berstatus elkam antara tahun 2014-2015. Pada awalnya, SEEC merupakan organisasi mahasiswa yang berminat pada kewirausahaan dan di antara anggotanya memiliki usaha sendiri. Semakin lama berkembang dan bertambah anggotanya hingga menjadi elkam resmi.
Struktur kepengurusan SEEC terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan empat kepala bidang. Empat bidang SEEC yaitu:
1.      Startup Business (SUB),
Berisi mahasiswa yang berkeinginan untuk membuka usaha sendiri atau mengembangkan usaha yang sudah dimiliki.
2.      Capital Market (CMC),
Berisi mahasiswa yang ingin belajar menginvestasikan aset dengan baik dan bijak
3.      Creative Team (CT),
Merupakan sarana bagi anggota untuk belajar mengenai dunia creative design, dan
4.      Public Relation (PR)
Berperan sebagai penghubung SEEC dengan pihak eksternal dan menjadi ujung tombak kesepakatan penting bisnis.
Program tahunan SEEC yakni pendirian usaha kecil-kecilan oleh anggota baru. Dua tahun terakhir, anggota baru diberi modal awal Rp50.000,00 dan memberi laporan usahanya dalam waktu dua minggu. SEEC merencanakan program Company Visit, yakni studi banding ke sebuah perusahaan sehingga bisa saling bertukar pikiran dan pengalaman.
Kompetisi dan kegiatan eksternal kampus, SEEC belum terlalu banyak mengikuti karena berfokus pada diskusi dan pengembangan bisnis anggotanya. Sedangkan internal kampus belum diadakan karena kewirausahaan belum terlalu didalami di PKN STAN. Harapan SEEC, kewirausahaan semakin tumbuh dan berkembang di PKN STAN.
SEEC dapat dihubungi melalui:
Instagram: seec_stan
LINE: @ovj7478a

1 komentar:

  1. Assalamualaikum...permisi om admin apakah SEEC masih mencetak.buku
    persiapan tes USM PKN STAN...?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.