menu melayang

Senin, 30 Agustus 2021

KMHB Selaraskan Dharma dan Artha Lewat Seminar Investasi


Pemaparan materi terkait investasi keuangan di pasar modal oleh Dr. I Nyoman Sukayasa.

Media Center PKN STAN – Pada hari Minggu pagi tanggal 29 Agustus 2021, Keluarga Mahasiswa Hindu dan Buddha (KMHB) PKN STAN mengadakan webinar nasioanl dengan mengangkat tema “Wujudkan Resolusi Melalui Investasi, Selaraskan Aspek Dharma dan Artha”. Webinar tersebut merupakan salah satu dari dua kegiatan utama Sabha Gotra 2021. Sabha Gotra sendiri adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh KMHB PKN STAN dalam rangka meningkatkan solidaritas dan tali persaudaraan KMHB PKN STAN dengan KMH yang lain, serta sebagai wadah pengembangan diri KMH lain di Indonesia.

Webinar tersebut dilaksanakan secara daring melalui kanal Zoom Meeting dan Live Youtube KMHB PKN STAN, mengingat kondisi di Indonesia yang masih dalam keadaan pandemi. Webinar tersebut mengundang narasumber-narasumber yang sangat luar biasa dalam bidang investasi diantaranya adalah Pak I Putu Wiradana, Dr. I Nyoman Bontot, S.TP., M.Fil.H., dan Dr. I Nyoman Sukayasa. Acara Sabha Gotra 2021 sendiri mendapatkan perhatian yang cukup dari para mahasiswa, alumni, dan masyarakat umum lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme para peserta yang mengikuti webinar dan lomba nasional yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Webinar tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan tari daerah yang sangat memukau oleh mahasiswi PKN STAN yaitu Putu Arundati Dharmapatni dan Ni Putu Novita Lia Sari. Mereka menari tari cendrawasih yang merupakan tarian daerah asli Buleleng, Bali. Tarian tersebut memiliki makna dan filosofis tersendiri menurut warga Bali. “Kalo tari cendrawasih sendiri itu adalah tarian yg terinspirasi dari gerakan burung. Tarian ini menceritakan tentang ritual perkawinan dari burung. Dimana burung cendrawasih ini merupakan burung sugrawi yg menjadi simbol perjalanan cinta yg abadi. Jadi melalui tarian ini, ingin menyampaikan kepada penonton terkait cinta kasih,” ungkap Putu Arundati Dharmapatni saat diwawancarai melalui media whatsapp.

Tema yang diangkat webinar ini sangat sesuai dengan apa yang selama ini dipelajari khususnya di PKN STAN yaitu investasi. “Tetapi tentu hal tersebut tidak cukup, makanya acara ini sangat sesuai terutama bagi mahasiswa PKN STAN untuk memperkuat intuisi yang nantinya akan bermanfaat ketika membuat keputusan dalam pengelolaan keuangan negara,” kata Pak IGMA Dharmakarja dalam sambutannya. Memang sebagai generasi muda, kita harus sadar akan pentingnya investasi dan juga bagaimana pandangan investasi yang tidak hanya dari materinya tetapi dari segi kerohaniannya. “Saya mengharapkan kepada para narasumber agar bisa memberikan pencerahan kepada para peserta sehingga mereka bisa memperoleh pengetahuan tentang investasi yang lebih baik lagi,” harap Pak IGMA.

Dalam membuka acara, Pak I Nyoman Widia selaku ketua ikatan alumni juga menyampaikan sambutannya dan menekankan beberapa poin penting diantaranya adalah disamping tugas kita sebagai mahasiswa PKN STAN yang nantinya akan menjadi pengelola keuangan negara, kita juga harus bisa mengelola keuangan pribadi kita, salah satunya dengan investasi. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa kita harus bisa melek finansial agar bisa meningkatkan kesejahteraan hidup. “Semoga dengan webinar nasional ini, para peserta bisa mendapatkan inspirasi dan menjadi pedoman dalam mengelola keuangan pribadi dan keluarga, sehingga apa yang menjadi resolusi kalian bisa terwujud di masa depan,” kata Pak I Nyoman Widia dalam sambutan penutupnya.

Selain untuk menambah pengetahuan tentang investasi dari segi materi, webinar ini juga pada dasarnya ingin membantu masyarakat Hindu untuk meningkatkan pemahaman mereka terkait investasi dari perspektif Hindu. Sesuai dengan tagline webinar ini yang bisa diartikan bahwa Dharma artinya Kebaikan, dan Artha artinya Kekayaan. “Dengan adanya webinar ini, dimaksudkan peserta mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dari aspek umum (teori investasi secara umum) dan bagaimana cara mengatur keuangan dari perspektif hindu. Sehingga tujuan hidup manusia tidak hanya semata-mata mencari artha atau kekayaan, namun bagaimana kita juga dapat memberikan dharma atau kebaikan bagi sesama manusia.” kata Ni Made Indah Meliawati selaku ketua panitia Sabha Gotra 2021.

 

Teman-teman medcen jika ingin melihat lebih lengkap keseruan webinar tadi bisa langsung klik disini.

 

Reporter : Aqlis Muqorobin dan Surono


Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel