menu melayang

Senin, 27 Desember 2021

Tips Produktif Ketika Liburan

 

Sumber: Bitrix24.com

Hari libur natal dan tahun baru telah tiba, hari libur yang dinantikan oleh banyak orang. Namun, sama seperti di tahun sebelumnya kita masih dalam kondisi pandemi dan alangkah lebih baik kita menikmati liburan ini dengan menghindari dari kerumunan. Biasanya di momen liburan seperti ini mereka memanfaatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan melepas penatnya dari rutinitasnya sehari-hari. Tidak sedikit juga dari mereka yang hanya rebahan sepanjang hari di kamar, bermalas malasan, scroll TikTok sampe mentok, ataupun maraton drakor dari pagi sampai malam sepanjang liburan. 

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan selama liburan agar tidak terkesan hambar dan lebih produktif. Tepat sekali sobat medcen baca artikel ini  di waktu liburan, berikut ini kami memiliki beberapa tips dan rekomendasi yang bisa membuat liburan kalian terasa lebih fun, enjoy, dan tentunya produktif.

  1. Quality time bareng keluarga

Berkumpul dan menikmati waktu bersama bareng keluarga adalah momen yang sangat spesial. Tidak harus pergi liburan dengan keluar dari rumah, cukup dengan berbagi momen bersama, besenda gurau, dan melakukan kegiatan yang berkualitas dengan keluarga dirumah adalah hal yang menyenangkan.

  1. Membaca buku

Membaca buku bagi sebagian orang mungkin akan terasa membosankan, tetapi sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari membaca buku. Selain membuat liburanmu terasa lebih produktif, dengan membaca kamu akan mendapatkan ilmu dan wawasan baru dari apa yang kamu baca. Membaca buku dapat mengendalikan rasa emosi dalam diri kita dan bisa mengurangi stres. Sangat berfaedah bukan?

  1. Belajar hobi baru

Belajar hobi-hobi yang baru menjadi salah satu kegiatan selama liburan yang bisa dibilang cukup menantang. Kebanyakan orang tidak mau keluar dari zona nyamannya. Belajar hobi baru seperti belajar memasak, belajar bahasa inggris, belajar desain, belajar musik, maupun belajar apapun itu selagi berdampak positif akan membuatmu menjadi lebih produktif selama liburan. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, belajar hobi baru ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan segala fasilitas yang ada dirumah. Dengan mencoba hobi baru, kamu akan mendapatkan softskill baru yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya, dan tentunya hal tersebut sangat berguna bagi diri kita.

  1. Berolahraga dan workout

Beberapa orang malas untuk memulai berolahraga dan workout. Padahal, dengan berolahraga kita akan lebih semangat dan berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga kebugaran tubuh serta menjaga kualitas tidur malam menjadi lebih nyenyak. Tak perlu susah payah untuk keluar rumah, olahraga juga bisa dilakukan di dalam rumah dengan melakukan workout at home. Sekarang banyak sekali pedoman dan tips workout at home yang bisa kalian cari di sosial media, jadi jangan ada alasan untuk tidak berolahraga ya!

  1. Mengikuti pelatihan dan kursus online

Mengikuti pelatihan dan kursus online dapat dijadikan sebagai wishlist untuk mengisi waktu liburan. Tak hanya sekedar mengisi waktu luang tetapi juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Walaupun untuk kursus online kita membutuhkan biaya, tetapi bagi mereka yang benar-benar minat di bidang tersebut misalnya kursus online bahasa inggris tidak akan merasa keberatan. Hal Ini bersifat opsional ya, jadi jika belum cukup biayanya tidak usah khawatir, masih banyak kok kegiatan produktif lainnya yang bisa kamu lakukan setelah kamu baca seluruh artikel ini.

  1. Membuat blog

Menulis di blog dapat dijadikan kegiatan yang menyenangkan terutama bagi mereka yang mempunyai hobi menulis. Kreatifitas merangkai kata juga akan semakin terasah dengan rajin menulis. Untuk kalian yang masih asing dengan blog dan pengen terjun kesitu, mulailah belajar dari dasar. Sekarang di Youtube juga banyak menyediakan video-video bagaimana memulai menulis di blog.

  1. Merapikan dan membersihkan rumah

Setelah sibuk kuliah ataupun berkerja seharian terkadang rumah bahkan kamar kita terlihat sangat berantakan. Waktu liburan cocok digunakan untuk membersihkan rumah. Rumah yang rapi dan bersih akan enak dipandang serta dapat meningkatkan mood ketika melihatnya.

Di hari libur natal dan tahun baru kali ini, manfaatkanlah waktu tersebut sebaik-baiknya dengan melakukan kegiatan yang sebaik-baiknya juga. Jangan hanya memanfaatkan waktu liburan untuk bermalas-malasan karena kalian akan sangat rugi ketika liburan telah usai. Sebaik apapun kualitas liburanmu itu tergantung pada dirimu sendiri yang melakukannya. Anyway, selamat hari raya Natal bagi teman-teman yang merayakan dan selamat tahun baru 2022. Semoga tahun depan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya dan semoga sehat selalu buat sobat medcen!


Kontributor: Aqlis & Regita

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel