menu melayang

Rabu, 22 Mei 2019

Donor Darah Ramadhan: Kolaborasi KSR, PMK, KMK, dan KMHB



Bulan Ramadhan menjadi bulan yang selalu dinantikan kedatangannya, terutama oleh umat muslim. Bagaimana tidak, di bulan inilah umat muslim bisa dengan mudahnya mendapatkan pahala bahkan sampai berlipat ganda. Selasa (21/05/2019), KSR PMI PKN STAN berkolaborasi dengan lembaga keagamaan PMK, KMK, dan KMHB menyelenggarakan kegiatan sosial yaitu donor darah. Sebenarnya kegiatan donor darah ini sudah rutin dilakukan, namun dalam penyelenggaraannya kali ini sedikit berbeda karena diadakan di bulan Ramadhan.

“Donor darah ini sebenarnya program dari lembaga dan KSR bertindak sebagai pelaksananya. Tanggal 29 April yang lalu, sebenarnya sudah diadakan kegiatan donor darah, Namun lembaga meminta untuk mengadakan kembali karena kebutuhan kantung darah yang belum mencukupi dan kebetulan bertepatan dengan bulan puasa. Sehingga, diadakanlah donor darah ini untuk membantu pihak-pihak yang tengah membutuhkan. Acara ini bekerjasama dengan lembaga keagamaan di PKN STAN yaitu PMK, KMK, dan KMHB karena sasaran acara ini sendiri adalah orang-orang yang sedang tidak berpuasa. Namun tidak menutup kesempatan bagi muslim yang tengah berpuasa apabila mau mengikuti donor darah.”, ucap Nadia Inan Amira selaku penaggung jawab acara.

Inan juga menambahkan bahwa tidak ada alasan khusus mengapa kegiatan donor darah kali ini bekerja sama dengan beberapa lembaga keagamaan kampus. “Tidak ada alasan khusus, sasarannya memang untuk yang tidak berpuasa. Namun, yang berpuasa pun tetap boleh ikut, tapi risikonya sendiri tentunya lebih besar, seperti badannya menjadi lemas, dan lain-lain.”

Salah satu peserta donor darah, memberikan tanggapannya perihal sasaran kegiatan ini yang diadakan di bulan puasa. “Sebenarnya tepat sasaran juga ya, sah-sah saja sebenarnya untuk donor darah di bulan puasa. Sangat bagus sih menurut saya. Ini juga bisa menambah jalinan silahturrahmi antara yang muslim dan non muslim., sangat bersinergi antara umat beragama, dimana kita yang non muslim menghargai teman-teman dan kita memberikan darah ini.”, ucapnya.

Terakhir, Inan menyampaikan bahwa ia berharap agar mahasiswa dan sivitas akademika PKN STAN dapat lebih sadar untuk ikut serta menyumbangkan darahnya terutama bagi orang-orang yang membutuhkan.

(Kontributor: Balkis Shafira, Nabilla Ulfah Prihandini)

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel