Fun Fact Sistem Perkuliahan di PKN STAN

1. Sistem DO (Drop-Out)

PKN STAN sangat berpegang teguh pada nilai integritas. Bagi siapa yang melanggar atau dijatuhi pelanggaran berat, maka DO itu nyata konsekuensinya.

2. Kurikulum Karakter

Pada umumnya, di setiap perguruan tinggi menganut kurikulum program studi dalam sistem perkuliahannya. Namun, PKN STAN juga menerapkan Kurikulum Karakter atau kerap didengar sebagai nilai SIKU (Sikap dan Perilaku). Dalam hal ini, PKN STAN bertujuan untuk melahirkan mahasiswa berkarakter.

3. UTS/UAS Kit

UTS/UAS Kit merupakan salah satu bentuk dukungan kita kepada teman-teman. UTS/UAS kit ini biasanya berupa jajan atau bahkan ada obat-obatan dan tidak lupa notes support untuk UTS/UAS. Biasanya sehari atau dua hari sebelum UTS/UAS berlangsung, ada sebuah forum kemudian saling tukar menukar.

4.  Mahasiswa STAN sekarang berasrama??

Asrama ini dikhususkan untuk mahasiswa tahun pertama, sehingga dapat dijadikan tempat baru yang nyaman agar mahasiswa bisa beradaptasi di lingkungan baru. 

Setelah melewati perjuangan panjang, akhirnya tibalah saatnya bagi para mahasiswa baru untuk memasuki Kampus Ali Wardhana. Di sinilah, mereka akan memulai kehidupan baru yang penuh tantangan dan kesempatan. 

5. Psytrap sebelum ujian?

Psytrap? Pasti ada dan selalu ada, apalagi di lingkungan kampus. Topik yang seru tapi sebagian besar sebagai guyonan saja.

Contohnya ketika ada teman  bilang belum belajar dan besoknya ujian, eh pas keluar nilai dia dapat A, sering diguyonin psytrap.

Intinya, kalo ingin dapat nilai bagus ya jangan dengerin kata orang, apakah dia itu udah belajar atau belum. Pandai-pandailah menempatkan diri. :)

6. Reformasi Prodi D3 ke D4 PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan terfavorit dari tahun ke tahun. Program studi yang ditawarkan juga cukup beragam. Tetapi semenjak tahun 2021, program studi D3 bereformasi menjadi D4 diantaranya prodi Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Aset Publik, dan Manajemen Keuangan Negara. Hal ini memberikan manfaat tersendiri bagi alumninya, salah satunya  setara dengan S1 dan termasuk dalam golongan IIIa.

7. Suka Duka Kuliah di STAN

Ketidakpastian adalah kepastian di PKN STAN. Berkuliah di sini merupakan tantangan tersendiri, dimana mahasiswanya harus cepat beradaptasi dengan keadaan yang serba cepat dan dadakan. Tetapi, sebagai mahasiswa tidak sepatutnya khawatir sebab dalam keadaan apapun tidak akan berdampak hanya pada seorang saja. Jadi, Anda tidak sendiri, banyak teman-teman senasib dan seperjuangan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.