Menilik Semarak Tahun Baru 2024 : Dari Barat ke Ujung Timur Indonesia

Momen pergantian tahun selalu menjadi hal yang disambut  meriah oleh masyarakat Indonesia. Dari tahun ke tahun selalu  dilangsungkan pesta perayaan untuk menyambut tahun baru, tidak terkecuali momen tahun baru 1 Januari 2024 yang baru saja kita lewati.

Dalam rangka pergantian tahun masyarakat indonesia dari ujung Barat hingga ke ujung Timur melakukan perayaan di daerah masing-masing. Apa dan bagaimana keseruan dalam menyambut dan merayakan tahun baru 1 Januari 2024 ?

Perayaan tahun baru di Pos Bloc Medan 

Kita mulai dari sisi barat Indonesia, salah satu kota terbesar yaitu Medan di provinsi Sumatera Utara. Hal yang disoroti adalah perayaan tahun baru yang dilaksanakan di Pos Bloc Medan. Pos Bloc Medan yang berlokasi di Jalan Kesawan, Kota Medan menjadi salah satu pusat perayaan malam tahun baru. Di tempat ini ramai digelar acara-acara hiburan yang dapat disaksikan sembari menunggu pergantian tahun. Selain diadakan acara-acara hiburan, pusat perayaan tersebut menyediakan tempat bagi UMKM dari komunitas lokal memamerkan karya seni dan produk kreatif mereka kepada para pengunjung.

 

Sumber : 6 Tempat Merayakan Malam Tahun Baru 2024 di Medan, Nikmati Beragam Hiburan : Okezone Travel

Ramainya Bundaran HI hingga pertunjukkan memukau drone

Selanjutnya mari berpindah ke daerah Ibukota Jakarta, salah satu tempat iconic yang menjadi favorit warga Jabodetabek untuk merayakan pergantian tahun  adalah Bundaran HI, Jakarta Pusat. Water mist, aksi drone, dan beberapa acara penghibur lainnya hingga pada pesta kembang api pada puncaknya. Acara yang bertajuk ‘Malam Muda Mudi’ ini diselenggarakan mulai pukul 18.00 WIB sampai 01.30 WIB. Dilansir dari beberapa sumber berita, terdapat banyak pengunjung yang memadati bundaran HI bahkan harus rela berdesak-desakan demi menyaksikan pertunjukkan tersebut. 


Sumber : Atraksi Drone Hingga Video Mapping Perayaan Tahun Baru di Jakarta Buat Kagum Pengunjung |Republika Online

 

Gebyar Pergantian Tahun serta Hari Jadi Kabupaten Jember ke-95

Kemudian kita bergerak jauh ke ujung pulau Jawa tepatnya di daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur. Gebyar pergantian tahun 2023 menuju 2024 di Kabupaten Jember kembali disemarakkan setelah absen tiga tahun akibat pandemi covid-19. Rangkaian pesta tahun baru digelar oleh Pemkab Jember yang dimulai pukul 15.00 hingga 00.00. Beberapa susunan acara, seperti konser musik, penampilan seni dan kearifan lokal, pesta kembang api, dan ditutup doa bersama. Gebyar pergantian tahun ini sekaligus memeringati hari jadi Kabupaten Jember ke-95 yang jatuh pada tanggal 1 januari.


 Sumber : https://www.kelumajang.com/hiburan/98111367439/tahun-baru-2024-di-jember-4-tempat-seru-nonton-kembang-api-dengan-view-keren-ada-alun-alun-jember

 Batulicin Festival Semarakkan Perayaan Tahun Baru

Bergeser sedikit ke bagian tengah Indonesia, yakni Kalimantan Selatan tepatnya di Kabupaten Tanah Tumbu. Perayaan malam tahun baru di Kabupaten Tanah Tumbu diwarnai dengan  Batulicin Festival atau Batfest. Batulicin Festival menjadi festival terbesar di Kalimantan Selatan  yang digelar sejak hari Sabtu 30 Desember, 2023 hingga minggu malam. Batulicin Festival sendiri menjadi ajang perayaan tahun baru bagi pengunjung yang datang. Pengunjung yang hadir bukan hanya sekedar menikmati festival Batulicin melainkan juga ikut  menyemarakkan perayaan pergantian tahun.

Salah satu rangkaian acara dalam festival Batulicin adalah jalan sehat dengan hadiah paket umroh. Selain itu terdapat acara hiburan seperti atraksi panggung oleh beberapa artis tanah air, seperti D'Masiv, Armada, Farel Prayoga, Inul Daratista, dan Feel Koplo untuk menyambut tahun baru 2024. 

 

        Sumber : https://www.liputan6.com/regional/read/5495145/100000-orang-nonton-  batulicin-festival-2023-pesta-rakyat-terbesar-di-kalimantan-selatan

Pesta Kembang Api di Makassar

Kita beralih ke sisi Timur Indonesia. Ibukota provinsi Sulawesi selatan yaitu kota makassar menjadi salah satu tempat dengan perayaan tahun baru yang meriah. Perayaan penyambutan tahun baru 1 januari 2024 di kota makassar dipusatkan di Kawasan Center Point of Indonesia dan juga di Kawasan Pantai Losari. 

Seperti kota lainnya, pesta kembang api menjadi pertunjukan utama dalam memeriahkan malam tahun baru di kota Makassar. Selain itu  terdapat juga jajanan kuliner yang menjadi daya tarik sendiri dalam perayaan malam tahun baru.

Selain itu pemerintah kota makassar juga melangsungkan acara perayaan tahun baru di monument Mnek. Dalam perayaan tersebut terdapat sebuah kapal pinisi yang dihias dan dijadikan panggung hiburan bagi masyarakat, para artis artis lokal diundang untuk memeriahkan acara tersebut.


                      Sumber : https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7118269/selamat-tahun-baru-2024-indonesia-tengah-langit-makassar-bertabur-kembang-api

Tradisi Malam Pergantian Tahun  Masyarakat Ambon

Di daerah Maluku sendiri khususnya kota Ambon perayaan malam tahun baru dilangsungkan dengan sangat meriah. Tradisi pesta kembang api kembali dilakukan dalam perayaan malam tahun baru 1 Januari 2024. Pusat perayaan malam pergantian tahun  terdapat di kawasan Tantui Atas, di depan kantor Jasa Raharja cabang Maluku. Terlihat langit di Kawasan tersebut dipenuhi oleh asap asap dari banyaknya kembang api yang dinyalakan.


            Sumber : https://www.kompasiana.com/nusnahaklay8667/65921718c57afb6e001edcb2/hening-padi-di-2024-kesejukan-pasca-perayaan-tahun-baru-di-ambon

Malam sederhana tapi bermakna di Jayapura

Kita bergeser lebih jauh ke arah Timur Indonesia yaitu kota Jayapura. Perayaan malam tahun baru di kota Jayapura terpusat di dua tempat yaitu di depan kantor Gubernur tepatnya di Pantai Dok 2, Jalan Soa Siu,  dan Jembatan Youtefa. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang diadakan dengan meriah perayaan malam tahun baru di kota Jayapura kali ini dilangsungkan dengan sederhana. Perayaan malam tahun baru hanya ditandai dengan beberapa letusan kembang api yang dinyalakan oleh masyarakat yang berkumpul.


Sumber : https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7118226/selamat-tahun-baru-2024-untuk-indonesia-timur




Penulis : Rinaldi  Siregar

 Alberto Yuanito Taka

   Diyanisa Sabrina

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.