Dark – Mengurai Benang Kusut Penjelajahan Waktu

Poster Serial Dark di NetFlix (Sumber:  dark.netflix.io)

“What we know is a drop, what we don’t know is ocean.”

Kutipan tersebut sangat tepat menggambarkan jalan cerita dan pesan yang ingin disampaikan oleh serial ini. Dirilis pada tahun 2017, Dark memperoleh sambutan yang positif dari penonton dan kritikus film. Dengan rating IMDB dan Rotten Tomatoes yang tinggi, tak heran serial yang terdiri dari 3 season ini kerap muncul dalam daftar Must Watch-nya Netflix.

Serial Dark dibuka dengan kasus hilangnya seorang anak SMA, Erik Obendorf, di sebuah kota kecil bernama Winden di Jerman. Jonas Kahnwald, bersama dengan teman-teman sekolahnya, Martha Nielsen, Magnus Nielsen, dan Bartosz Tiedemann, membuat rencana mengunjungi gua di hutan pada malam hari untuk mencuri simpanan mariyuana yang disembunyikan Erik. Di malam itu orang tua Martha dan Magnus harus menghadiri rapat penduduk kota untuk membahas kasus hilangnya Erik, sehingga adik mereka yang ditinggal sendiri di rumah, Mikkel Nielsen, diajak untuk turut ikut ke gua. Namun ketika kelompok Jonas sampai di gua, simpanan mariyuana Erik telah diambil terlebih dulu oleh Franziska Doppler, salah seorang teman sekolah yang tidak sengaja mendengar rencana mereka. Perselisihan pun terjadi antara kelompok Jonas dengan Franziska, hingga tiba-tiba senter yang mereka pegang mati tanpa sebab. Seorang pria yang berlumuran cairan hitam muncul dari kegelapan, membuat Jonas dan teman-temannya lari ketakutan, tanpa sengaja meninggalkan Mikkel di gua. Pencarian pun dilakukan, namun Mikkel hilang tanpa jejak. Menambah satu lagi misteri di kota Winden.

Karena premis awal yang mirip, Dark kerap dibandingkan dengan Stranger Things, serial original Netflix lain. Namun Dark memiliki cerita dan misteri yang berbeda. Kasus hilangnya Mikkel hanyalah puncak dari gunung es yang lebih besar dan dalam. Insiden ini lah yang mendorong Jonas melakukan penyelidikan di gua dan menemukan pintu yang membawanya ke masa lalu. Dimulailah perjalanan Jonas melintasi waktu untuk mengurai benang kusut yang mengusik Winden selama puluhan tahun.

Dark memang mendorong penonton untuk memutar otak, dengan berbagai teori fisika terkait penjelajahan waktu seperti bootstrap paradox, wormholes, hingga Schrodinger’s cat paradox. Namun dengan alur cerita yang menarik dan membuat penasaran, serial ini sukses memikat perhatian penonton. Dark merupakan surga bagi pecinta plot twist. Kejutan yang ditawarkan di setiap episode Dark seolah tidak ada habisnya.

Meski mengusung tema misteri, Dark juga tidak terlepas dari berbagai bumbu drama. Mulai dari perselingkuhan, pengkhianatan, hingga kisah pengorbanan orang tua untuk anaknya. Dengan pengembangan karakter yang sangat baik, serial ini mampu membuat kita bersimpati dengan tokoh-tokoh di dalam serial ini.

Over all, Dark sangat pantas menyandang gelar sebagai salah satu serial terbaik Netflix. Sinematografi yang memukau, akting yang mengagumkan, dan plot yang mind blowing dijamin mampu memikat anda untuk terus menonton serial ini hingga akhir.


 Kontributor: Chicken Nugget

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.