menu melayang

Rabu, 25 Agustus 2021

PKN STAN Sosialisasikan KKM Kepada Mahasiswa

 


Tangerang Selatan, Media Center - PKN STAN mengadakan sosialisasi Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 2021 kepada mahasiswa tingkat dua regular pada Selasa, (24/8). Hal ini bertujuan sebagai pembekalan awal terkait substansi dan teknis pelaksanaan KKM sebelum para mahasiswa melaksanakannya pada 6 s.d. 10 September 2021. Sosialisasi dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan siaran langsung YouTube PKN STAN.

KKM 2021 mengambil tema ‘Integrasi Cipta, Rasa, dan Karsa Dalam Karya untuk Indonesia’.  Tema tersebut sejalan dengan tujuan pendidikan yang tak terbatas pada ijazah atau indeks prestasi terbaik, tapi peran mahasiswa dalam mengedukasi dan memberi manfaat pada masyarakat. “Anda bisa menerapkan apa yang anda pelajari dalam situasi yang khusus sehingga bermanfaat bagi masayarakat karena tugas kita adalah melayani masyarakat. Tugas kita adalah berkarya untuk Indonesia,” kata Pak Rahmadi Murwanto, Direktur PKN STAN pada sambutannya.

Pada dasarnya, KKM dilaksanakan dengan prinsip kebermanfaatan seperti yang disampaikan oleh Pak Kuwat Slamet, dosen PKN STAN. Target yang dituju pun jelas sesuai dengan apa yang akan diberikan kepada masyarakat. “KKM juga harus memenuhi asas manfaat bagi mahasiswa sebagai pemberi manfaat dan ditujukan dengan target penerima manfaat yang jelas,” ujar beliau.

Terkait teknis juga disampaikan dalam sosialisasi siang itu. Salah satunya adalah keluaran KKM 2021. PKN STAN menetapkan bahwa peserta KKM menyiapkan keluaran minimal dua jenis: seminar, video, karya ilmiah, poster, atau buku panduan teknis. Latar belakangnya adalah pelaksanaan tahun lalu yang outputnya bisa lebih dari satu. “Tahun kemarin, hampir sekitar 30-40% kelompok dalam KKM tersebut ternyata mampu memberikan output lebih dari satu,” kata Pak Arif Nugrahanto.

Beliau menambahkan, “Nah, makanya, karena itu ada best practice yang telah dipraktikkan dan tidak membebani mahasiswa secara umum, maka standar tersebut kita coba adopsi. Tujuannya supaya produktifitas kita itu meningkat.”

Sosialisasi diikuti mahasiswa dengan antusias. Mereka sangat terbantu terkait hal-hal yang masih dibingungkan oleh mahasiswa. “Menurutku ya bagus sih adanya sosialisasi tadi, soalnya mungkin masih pada bingung, kan, teknis pelaksanaannya. Jadi ya harus dijabarin sama lembaga biar pada paham dan punya gambaran mau ngapain ke depannya,” tutur Faiz Hibatullah, salah satu peserta sosialisasi. Dia menambahkan bahwa KKM ini jadi tempat latihan terjun ke masyarakat sehingga kita bisa benar-benar membantu mereka menjadi lebih paham pada yang kita sampaikan.

Acara yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam itu pun berjalan lancar. “Penyampaiannya jelas, singkat, dan mudah dipahami. Pelaksanaannya dilaksanakan tepat waktu,” ucap Faisol Yunus, peserta sosialisasi dari jurusan pajak saat diwawancarai melalui pesan WhatsApp. Antusiasmenya dalam menjalankan KKM berada pada angka 8 dari 10. Hal ini didasarkan atas kondisi daring yang menjadikan komunikasi menjadi kendala dan keterbatasan pertemuan langsung membuat KKM terasa ada yang kurang.

Terkait penyampaian secara lengkap, hasil rekaman bisa diakses melalui YouTube PKN STAN.

 

Reporter: Surono

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel