menu melayang

Selasa, 21 September 2021

Titik Awal Generasi Kesatria Di Kampus Ali Wardhana

 

Rahmadi Murwanto, Direktur Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menyampaikan sambutan pada Opening Ceremony Dinamika 2021. (sumber: dokumentasi reporter Media Center PKN STAN)

Tangerang Selatan, Media Center PKN STAN – Dinamika 2021 menjadi titik awal para mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara STAN tahun 2021 atau generasi Kesatria untuk mengenal kampus Ali Wardhana. Rangkaian acara Dinamika 2021 dimulai dari pembukaan yang berlangsung pada Senin (20/9) melalui ruang Zoom Meeting dan siaran langsung YouTube. Tagline yang diusung adalah ‘Integrasi Pemimpin Bertalenta, Bangkitkan Indonesia’.

Pak Rahmadi Murwanto selaku direktur PKN STAN menyambut para mahasiswa baru dengan berharap bahwa mereka adalah mutiara-mutiara terbaik dari seluruh Indonesia. “Harapannya benar-benar mendapatkan mutiara-mutiara yang belum terasah yang terbaik dari seluruh Indonesia, yang nanti akan kita asah dikampus PKN STAN ini sehingga menjadi pemimpin keuangan negara” sambut beliau.

Sebagai kesan pertama, Direktur PKN STAN selama dua periode ini menegaskan bahwa pola pembelajaran PKN STAN pasti berbeda karena tak hanya kepintaran yang dibutuhkan. “Kita tidak hanya butuh kepintaran. Pintar oke. Tapi itu tidak cukup. Kita ingin mendorong kalian punya karakter. Punya yang disebut softskill,” imbuh Pak Rahmadi.

Beliau menjelaskan juga bahwa lulusan PKN STAN akan menjadi tenaga terampil yang membentuk calon pemimpin hebat pembawa perubahan. Pemimpin yang hebat memiliki kompetensi mumpuni dan mampu menggerakkan semua orang. Salah satu agendanya adalah program asrama mahasiswa. “Semua prodi D4, baik melalui yang regular dari SMA maupun tugas belajar wajib berasrama di kampus satu tahun.”

Opening Ceremony Dinamika 2021 dimeriahkan oleh berbagai pementasan. Beberapa unit kegiatan mahasiswa (UKM) turut unjuk diri, di antaranya ada Aksara, Voca Wardhana, dan Sabda Nusa. Aksara membacakan sebuah puisi dengan judul ‘Kesatria Bumi’ yang ditulis oleh para anggotanya. Puisi tersebut berisi cita-cita calon pemimpin dari berbagai daerah yang akan ditempa di PKN STAN. “Puisi yang penuh makna menggambarkan seorang pemuda yang memiliki tekad, semangat, dan harapan untuk menggapai cita-cita serta untuk bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara, dengan jalan di tempa terlebih dahulu di kampus Ali Wardhana dari berbagai latar belakang dan daerah yang berbeda-beda mulai dari Sabang sampai Merauke,” ungkap Sofa Rinda, salah satu penampil dari Aksara. Pementasan ini diharapkan menggerakkan Generasi Kesatria untuk optimis, inovatif, kreatif, berintegritas, solidaritas, beretika, dan kontributif.

Voca Wardhana sebagai UKM paduan suara pun menampilkan lagu-lagu bertema kebangsaan dan adat. “Kebanyakan bergenre lagu kebangsaan dan lagu adat. Harapanya menumbuhkan nasionalisme, lebih mengenal lagu nasional dan daerah, serta yang memiliki bakat mungkin bisa ikut bergabung dan melestarikan,” kata M. Naziqi Baihaqi, salah satu penampil dari Voca Wardhana.

Pementasan terakhir dari UKM adalah Sabda Nusa. UKM kesenian tradisional ini menampilkan berbagai kombinasi tarian dari berbagai daerah. “Kami mengambil beberapa tarian dari berbagai daerah. Atau tarian tadi disebutnya medley Nusantara, yang mana dalam medley Nusantara ini mengombinasikan tarian daerah satu dengan daerah lainnya,” jelas Diana, pengurus harian Sabda Nusa.

Pra-Dinamika yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru regular maupun tugas belajar ini sungguh meriah. Para hadirin dibuat merinding melihat beberapa penampilan yang disajikan. “Tadi (saya) merinding juga waktu alumni greeting sama penampilan yang Voca Wardhana,” kata Fadhil Dzaki Husain, mahasiswa baru D-IV Akuntansi Sektor Publik.

Para peserta juga masih ada yang tak menyangka berada dalam acara Dinamika. “Alhamdulillah. Mbak. Masih ga nyangka bisa ikutan Dinamika hehehe,” jawab Ayra Rizqy, mahasiswi D-IV Manajemen Keuangan Negara saat diwawancarai melalui pesan WhatsApp. Ia menambahkan bahwa acaranya tidak membosankan, “Asik sih tadi. Raka rakanita yang jadi mc asik, ga boring. Terus karena acaranya sebentar jadi malah fokus gitu.”

Mahasiswa baru juga memiliki harapan terhadap kegiatan perkuliahan di kampus PKN STAN ini. “Harapannya semoga (kami) bisa jadi lebih paham aja aturan-aturan di STAN, lebih paham tentang jurusan, sama jadi lebih kenal sama temen lainnya hehehe,” jelas Ayra. Fadhil juga menambahkan, “Semoga ada sesi buat kayak bonding gitu mas, jadi kita bisa lebih kenal temen-temen yang lain aja, soalnya kalo online gini susah sih mas buat (kami) jadi akrab gitu.”

Dinamika 2021 akan berlangsung sampai dengan tanggal 23 September 2021. Pastikan ikuti perkembangannya melalui media sosial Dinamika PKN STAN.

 

Reporter: Mega, Wahyu, Surono


Related Post

Back to Top

Cari Artikel