Keseruan dan Meriahnya Dinamika Hari Kedua

 

Sesi talkshow motivasi saat dinamika hari kedua melalui zoom.

Media Center PKN STANPada hari kedua dalam rangka pelaksanaan Dinamika (Studi Perdana Memasuki Kampus) yang diselenggarakan pada tanggal 22 September 2021 terdapat beberapa mata acara yang tak kalah seru dari hari pertama. Walaupun dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dan kanal Youtube PKN STAN, para mahasiswa baru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Pada hari tersebut, setelah dilaksanakannya acara rutin di pagi harinya, terdapat acara Skill Lab yang terdiri dari Digital Tools, Public Speaking, dan Research. Acara tersebut sangat seru karena para mahasiswa baru akan diajari beberapa skill yg tentunya sangat bermanfaat dalam menghadapi dunia perkuliahan di PKN STAN. “Kebetulan tadi aku dapet bagian research, jadi kami dibagi kelompok dan dikasih tema masing-masing per kelompok, kemudian kami diajari bagaimana cara menulis menggunakan media Google Docs,ungkap Oktavia Irda, salah satu mahasiswa baru reguler PKN STAN dalam wawancaranya melalui sosial media Whatsapp.

Pada acara berikutnya yaitu Bhinneka Discussion, juga tak kalah menarik dengan acara yang sebelumnya. Dengan mengundang narasumber yang luar biasa yaitu Zanuba Ariffah Chafsih dan Yenny Wahid (aktivis sosial dan politik). Dalam sambutan oleh Bapak Rahmadi Murwanto, beliau berharap seorang ASN harus mampu menciptakan sistem yang adil dan menghargai kebinekaan. Pada acara ini lebih banyak membahas tentang tantangan kita sebagai warga negara Indonesia yang kaya akan perbedaan dalam menghadapi radikalisme dan intoleransi. Kita harus memiliki strategi untuk memperkuat rasa toleransi dan juga harus menyadari tantangan dunia digital. Pancasila menjadi modal utama dan bisa sebagai benteng ditengah tantangan intoleransi dan radikalisme tersebut.

Acara talkshow motivasi dengan tagline “Semangat Membara, Berkarya Penuh Hati” juga tak kalah seru dari acara-acara sebelumnya karena turut mengundang dua narasumber inspiratif yaitu:

1.       Dian Inggrawati Soebangil selaku Owner Cahaya Mutiara Indonesia Fondation, Pegawai Kementerian Sosial Republik Indonesia, dan ASN Inspiratif 2020. Ibu Dian ini merupakan PNS Kementerian Sosial penyandang disabilitas. Dalam sesi talkshow ini, beliau dibantu oleh Juru Bahasa Isyarat (JBI) untuk berkomunikasi.

2.       Andri Rizki selaku Co-founder Yayasan Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) dan LPDP Awardee.

Talkshow berlangsung cukup interaktif, kedua narasumber antusias untuk membagikan pengalamannya dalam mengejar mimpi-mimpi mereka. Andri Rizki Putra atau Kak Kiky dalam kesempatannya menyampaikan, “Di mana pun karir kita berada, jangan pernah merasa bodoh untuk memulai dari nol.” Beliau mendorong audiens untuk terus belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena, dengan belajar menurutnya bisa membuka perspektif baru dan mentransformasi cara berpikir seseorang. Selain itu, beliau juga berpesan kepada para mahasiswa baru untuk jangan berfokus pada akademik saja, namun juga mengikuti banyak kegiatan organisasi dan berinteraksi dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda agar para mahasiswa memahami indahnya keberagaman. Selain Kak Kiky, Ibu Dian juga memotivasi para mahasiswa baru bahwa dalam hidup, kita jangan berfokus pada hambatan atau kekurangan, namun melihat pada kesempatannya. Prinsip tersebutlah yang beliau genggam hingga membawanya menggapai cita-cita dan meraih banyak penghargaan. “Kegiatan sharing motivasi ini sangat bermanfaat karena saya juga ikut belajar bahasa isyarat dengan Ibu Dian,” ungkap Rendi Dwi Putra Ramadhan, mahasiswa baru reguler PKN STAN jurusan D4 Manajemen Keuangan Negara.

 Acara di hari kedua ini ditutup dengan Konten First Aid dan Bonding Camp. Keseruan Dinamika dari hari pertama sampai hari kedua ini sangat dirasakan oleh para mahasiswa baru reguler dan tugas belajar PKN STAN. “Dari kakak-kakak MC dan narasumber dengan kami calon mahasiswa semuanya interaktif banget waktu nyampein materi juga waktu tanya jawab ga ngebosenin. Games nya walaupun online tp pembawaan dari raka dan rakanitanya itu asik bikin semangat. Narasumber talkshow nya keren keren dan sangat menginspiratif buat kita calon-calon penghuni PKN STAN ini jadi bisa ada gambaran buat kedepannya nanti,ungkap Oktavia Irda.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.