menu melayang

Jumat, 01 Oktober 2021

PENUTUPAN DINAMIKA: SIDANG SENAT DAN CLOSING CEREMONY JADI AGENDA UTAMA

 

Acara penutupan dinamika 2021 melalui zoom dihadiri oleh Menteri Keuangan

Tangerang Selatan, Media Center PKN STAN – Kegiatan Dinamika PKN STAN 2021 telah memasuki hari ketiga pelaksanaannya pada Kamis, (23/9) lalu. Hari ketiga ini menjadi agenda puncak sekaligus penutupan dari seluruh rangkaian kegiatan orientasi mahasiswa baru tersebut.

Dengan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan kanal Youtube PKN STAN, agenda hari ketiga diawali dengan adanya Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Mahasiswa Baru. Kemudian, acara dilanjutkan dengan adanya Webinar “Mengabdi untuk Negeri” dan Closing Ceremony Dinamika PKN STAN 2021. Dinamika pun ditutup dengan pelaksanaan Mini Quiz yang dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa baru pada malam harinya.

SIDANG SENAT TERBUKA PENGUKUHAN MAHASISWA BARU

Sidang Senat PKN STAN dalam rangka Pengukuhan Mahasiswa Baru PKN STAN 2021 diselenggarakan pada Kamis (23/09/2021) secara daring. Sidang Senat Terbuka dibuka oleh Ketua Senat PKN STAN, tepat setelah seluruh hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PKN STAN, yang diikuti dengan pengheningan cipta yang begitu khidmat.

Adapun acara inti dari Sidang Senat Terbuka ini adalah pengukuhan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara simbolis, berupa pengalungan kalung program studi kepada perwakilan mahasiswa baru. Kemudian, Direktur PKN STAN dan para Ketua Program Studi (Kaprodi) melakukan penandatanganan Berita Acara sebagai bentuk penyerahan mahasiswa baru kepada mereka.

Acara pun dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dan arahan oleh Direktur PKN STAN, Bapak Rahmadi Murwanto. Dalam sambutan dan arahannya, beliau menjabarkan terkait visi PKN STAN, yaitu:

“Menjadi kampus bagi putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi pemimpin dan agen perubahan yang unggul, beretika, modern, dan profesional dalam pengelolaan keuangan negara untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera dan berkeadilan sosial.”

Tidak lupa, beliau juga menjabarkan beberapa informasi terkait misi PKN STAN. Misi-misi tersebut adalah dalam proses pembelajaran akan diciptakan iklim kehidupan akademik yang membangun pola pikir kreatif; berpikiran terbuka dan kritis atau mampu melihat dua sisi perspektif; saling menghargai bila terdapat perbedaan dalam pemikiran atau pendapat; menjunjung etika utamanya kejujuran atau integritas; dan berwawasan kebangsaan. Selain itu, akan ada pengaturan-pengaturan dalam kegiatan non akademik, di mana seluruh mahasiswa baru, baik reguler maupun tugas belajar, wajib untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan non akademik. Mahasiswa baru diwajibkan untuk terdaftar dan/atau terlibat dalam kegiatan elemen kampus (Elkam).

“Nanti kita akan mengembangkan model talent management kepada Anda-Anda yang D-IV Alih Program,” ujar Pak Rahmadi. Kabarnya, lembaga akan menyeleksi para mahasiswa D-IV Alih Program berdasarkan konsep talent management di Kementerian Keuangan dan selanjutnya akan dipilih beberapa untuk dicalonkan menjadi pemimpin-pemimpin badan kelengkapan seperti Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Ketua Badan Legislatif Mahasiswa (BLM).

CLOSING CEREMONY DINAMIKA PKN STAN 2021

Closing Ceremony Dinamika menjadi agenda penutup atas pelaksanaan kegiatan orientasi mahasiswa baru PKN STAN pada tahun ini. Acara ini dilaksanakan pada pukul 14.00 s.d. 16.30 WIB, setelah seluruh mahasiswa baru, baik reguler maupun tugas belajar, mengikuti Webinar “Mengabdi untuk Negeri”. Sama seperti acara-acara sebelumnya, Closing Ceremony ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan siaran langsung pada kanal Youtube PKN STAN.

 Closing Ceremony Dinamika tahun ini dimeriahkan oleh penampilan dari salah satu elemen kampus PKN STAN, yaitu Voca Wardhana, yang menyanyikan berbagai lagu daerah di Indonesia. Acara pun dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada mahasiswa baru, yang berhasil memenangi beberapa kategori perlombaan, seperti Jingle Challenge, Ksatria Got Talent, Poin Terbanyak, Maba Teraktif, Campaign Terbaik, dan Maba Terfavorit. Bahkan, mahasiswa baru yang memenangkan kategori Ksatrai Got Talent diberikan kesempatan untuk unjuk diri dan menampilkan bakat mereka kepada seluruh peserta Dinamika pada acara tersebut.

Namun, yang perlu digarisbawahi di sini adalah Closing Ceremony ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa baru saja, tetapi keluarga besar Kementerian Keuangan juga turut hadir dalam acara tersebut, seperti Wakil Menteri Keuangan RI, Bapak Suahazil Nazara; Kepala BPPK, Bapak Andin Hadiyanto; jajaran direksi; dan sivitas akademika PKN STAN.

Walaupun Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani Indrawati, tidak dapat hadir secara virtual pada Zoom Meeting di mana Closing Ceremony Dinamika PKN STAN 2021 dilaksanakan, beliau tetap dapat menyampaikan sambutannya kepada mahasiswa baru melalui sebuah video yang ditayangkan oleh panitia. Dalam videonya beliau berpesan kepada mahasiswa baru yang kerap mendapat panggilan ‘putra-putri terbaik bangsa’ – karena telah melewati seleksi SPMB yang begitu ketat dan jumlah pesaing yang sangat banyak – untuk tidak terlena dan tetap semangat dalam belajar sebagai calon punggawa keuangan yang berintegritas.

“Saya juga ingin kalian semua belajar menjadi pribadi yang memahami nilai-nilai integritas. Karena sebagai pengelola keuangan negara nantinya, hal yang paling penting adalah apakah kalian bisa dipercaya. Dan kalau ingin menjadi orang yang bisa dipercaya, Anda harus tahu nilai integritas adalah suatu syarat yang tidak bisa dikompromikan,” pesan Ibu Sri Mulyani kepada para mahasiswa baru.

Setelah mendengarkan kata sambutan dari Direktur PKN STAN, Kepala BPPK, Menteri Keuangan RI, dan Wakil Menteri Keuangan RI, Closing Ceremony Dinamika PKN STAN 2021 pun ditutup dengan penayangan short movie epik yang telah disiapkan oleh panitia.

Dengan berakhirnya Closing Ceremony Dinamika PKN STAN 2021, hal tersebut menandakan mahasiswa baru telah menyelesaikan kegiatan orientasi pada almamater mereka yang baru. Semoga nilai-nilai Kementerian Keuangan yang telah mereka peroleh selama mengikuti kegiatan Dinamika dapat terus diimplementasikan dan dikembangkan untuk mewujudkan calon-calon pemimpin masa depan yang tangguh serta berintegritas, sebagaimana tema Dinamika PKN STAN 2021, yaitu “Resillience Future Leader”.

Penulis: Avianda Rahma Safitri & Gilar Angga Yudatama


Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel