menu melayang

Rabu, 28 Agustus 2019

Radio Blast


Radio Blast adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dibawah Kementerian Komunikasi dan Informasi BEM PKN STAN yang bergerak di bidang broadcasting. Radio Blast memiliki kegiatan penyiaran seperti stasiun radio pada umumnya dimana Radio Blast menggunakan media berbasis live streaming di website.

Fungsi dari Radio Blast adalah sebagai stasiun radio di PKN STAN yaitu untuk menghasilkan siaran yang mengedukasi  dan menghibur bagi setiap pendengar, menampung aspirasi dari seluruh keluarga mahasiswa PKN STAN serta memberikan informasi yang paling up to date baik dari internal maupun eksternal PKN STAN kepada para pendengar.

Radio Blast dibentuk pada tahun 2013, dimana pada saat itu radio sedang naik daun sehingga mahasiswa PKN STAN di masa tersebut berinisiasi untuk membentuk UKM yang bergerak di bidang penyiaran. Struktur organisasi Radio Blast terdiri atas enam divisi.

1. Badan Pengurus Harian (BPH)

    Terdiri dari seorang ketua, seorang wakil ketua, seorang sekretaris dan dua orang bendahara yang bertanggung jawab untuk memastikan siaran radio blast berjalan dengan lancar mulai dari persiapan sampai dengan evaluasi.
2. Produser
    Berfungsi sebagai otak dari setiap siaran yang dilakukan. Dan bertanggung jawab dalam menyiapkan naskah, konten dan ide-ide yang akan dibahas.
3. Penyiar (announcer)
    Bertugas mengeksekusi jalannya siaran seperti membawakan materi yang disiapkan produser untuk disampaikan kepada pendengar
4. Public Relation (PR)
    Bertanggung jawab dalam menjembatani Radio Blast dengan pihak luar baik itu internal atau eksternal PKN STAN.
5. Web and Design
    Bertanggung jawab dalam memastikan web yang digunakan saat siaran berjalan dengan baik sehingga secara teknis tidak mengganggu streaming saat sedang live. Bagian Design bertugas mendesain poster termasuk foto kru yang bertugas untuk setiap siaran.
6. Operator (OPA)
    Divisi yang bertanggung jawab secara teknis mempersiapkan peralatan yang digunakan, mempersiapkan ruangan dan meyimpan kembali barang yang digunakan setelah siaran.


Radioblast sendiri memiliki kegiatan rutin berupa penyiaran setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Jum’at. Penyiaran biasa dilakukan di malam hari, namun pada saat tertentu seperti pada bulan Ramadhan, penyiaran dilakukan bukan pada malam hari melainkan pada sore hari.
Program siaran Radioblast bermacam-macam, antara lain Radiotalk, Artpedia, Spooky Time, dan program Sudut Kampus PKN STAN. Acara tahunan yang biasanya dilakukan oleh Radio blast antara lain adalah Blast Day, dimana satu hari didedikasikan untuk bisa bercengkrama dengan teman-teman sesama anggota Radio Blast. Mulai tahun 2019, agenda wajib tahunan yang dilakukan Radio Blast yaitu lomba penyiar atau Radio Blast Announcing Competition (RAC). Elkam dengan jargon “Blended As Staners” ini sudah pernah meraih beberapa prestasi, diantaranya yaitu meraih the best stand berturut-turut pada acara Elkamfest 2014 dan 2015.

Radioblast juga membuka line interaktif lewat website resmi Radioblast, Line, Instagram, dan telepon interaktif. Untuk live streaming online bisa diakses di (radioblast.online). Akun resmi media sosial yang digunakan oleh Radio Blast PKN STAN antara lain:
Line                 : @radioblast
Instagram        : @radioblast_
Twitter            : @radioblast_

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel