menu melayang

Rabu, 28 Agustus 2019

Sharia Accounting and Finance Forum



Sharia Accounting and Finance Forum (SAFF) PKN STAN adalah elemen kampus yang bergerak di bidang Accounting Syariah. SAFF termasuk UKM yang berada di bawah naungan kementrian pendidikan BEM KM PKN STAN. SAFF PKN STAN dibentuk dengan tujuan memberi suatu wadah bagi gagasan, ide, dan aspirasi mahasiswa agar bisa lebih mengenal tentang ekonomi syariah. Selain itu, SAFF juga memiliki fungsi sebagai lembaga dakwah di bidang ekonomi syariah.

Struktur organisasi SAFF PKN STAN dibagi dalam 6 bidang yang memiliki fungsi utama sebagai berikut:

1. Badan Pengurus Harian
   BPH terdiri dari pimpinan umum, wakil pimpinan umum, bendahara 1, bendahara 2, sekretaris 1, dan sekretaris 2 yang melakukan fungsi kontrol, koordinasi, pengembangan dan peningkatan sistem manajemen organisasi.

2. PSDI (Pengembangan Sumber Daya Insani)
   Bidang PSDI berperan dalam pengembangan dan pengawasan SDI internal SAFF, seperti dalam bentuk pelatihan, bonding dll. Program kerja dari bidang ini salah satunya adalah DEI (Diklat Ekonomi Islam).

3. KSSD (Kajian Strategis Seminar & Diskusi)
  Bidang KSSD secara umum berperan untuk mengkaji secara ilmiah, memperkenalkan, serta meningkatkan antusiasme belajar Ekonomi Islam di Kampus maupun masyarakat umum. Program kerja dari bidang ini adalah Lemons : Let's Learn Economic Sharia, K-One : Kajian Online, Bedah Buku : Ekonomi Islam 101, dll.

4. KDS (Kewirausahaan & Dana Sosial)
  Bidang KDS berperan dalam mencari pembiayaan untuk kebutuhan operasional SAFF dan Mengelolanya juga untuk kegiatan amal. Program kerja dari bidang ini adalah SAFF STORE - Online & Offline Store, Akad murabahah, dan pengabdian masyrakat seperti kunjungan ke yayasan yatim piatu, bersih-bersih masjid dan bantuan dana sosial kepada korban bencana.

5. Infomed (Informasi & Media)
   Bidang infomed berperan dalam menyebarkan informasi mengenai ekonomi syariah dan kegiatan internal SAFF. Program kerja bidang ini adalah Sharing (Sharia Inspiring) mengenai perkembangan ekonomi islam & konvensional dll.

6. Eksternal
  Bidang eksternal memiliki peran untuk menjembatani SAFF dengan pihak luar seperti FOSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam) tingkat regional maupun nasional, KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) Universitas lain, hingga ke masyarakat luas. Bidang ini biasanya mengikuti studi banding ke KSEI kampus lain dan juga mengikuti kelas intensif ekonomi syariah yang diselenggarakan oleh kampus lain.

Kegiatan rutin yang dilakukan SAFF PKN STAN adalah kajian internal mengenai ekonomi syariah serta menyemarakan bagaimana ekonomi islam yang baik dan bermanfaat untuk kehidupan serta kegiatan sehari hari. SAFF juga mengadakan event tahunan yaitu Sekolah Pasar Modal Syariah.

SAFF PKN STAN juga aktif di berbagai media sosial dan juga dapat menerima tulisan melalui surel. Akun media sosial SAFF PKN STAN antara lain:
Line                 : @fta4524c
Instagram        : saff_pknstan

Related Post

Back to Top

Cari Artikel