menu melayang

Sabtu, 24 April 2021

Program Kakak Asuh (PKA)

Sebagai wujud kepedulian kepada almameter dan dalam rangka membantu meringankan beban mahasiswa regular yang berasal dari keluarga yang memiliki kondisi finansial terbatas didirikanlah Program Kakak Asuh pada tahun 2007 (sebelumnya bernama Dompet Didik STAN Peduli) namun sempat terhenti dan baru dikembangkan kembali di tahun 2017. Gagasan untuk mengembangkan kembali PKA lahir dari keresahan banyak pihak yang mendengar bahwa ada beberapa mahasiswa reguler yang tidak dapat melakukan pendaftaran ulang padahal telah dinyatakan lolos sebagai mahasiswa baru PKN STAN karena keterbatasan finansial. Agar kisah tersebut tidak terulang Kembali, PKA hadir untuk membantu menanggulangi masalah tersebut.

Tujuan dari PKA PKN STAN adalah membantu meringankan biaya hidup Awardee  dan memberdayakan potensi yang ada dalam diri Awardee. Manfaat PKA PKN STAN adalah melaksanakan pembinaan rutin Awardee, menggalang dana dari donatur, serta menyalurkan dana tersebut kepada mahasiswa/I PKN STAN yang membutuhkan dukungan finansial dan telah terdaftar sebagai Awardee PKA PKN STAN.


Visi : Menjadikan PKA PKN STAN organisasi penyedia beasiswa bagi mahasiswa PKN STAN yang mandiri, professional, dan akuntabel


Misi : 

  1. Mengembangkan potensi Awardee dengan pembinaan kreatif dan peningkatan kapasitas

  2. Menerapkan evaluasi yang berkelanjutan terhadap Awardee.

  3. Membuat formula organisasi PKA PKN STAN yang kokoh dan berkelanjutan

  4. Memastikan seluruh kegiatan PKA PKN STAN berjalan dengan transparan dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan

  5. Melaksanakan seluruh amanat donatur dan sponsor dengan penuh tanggung jawab


Struktur Organisasi :

  1. Ketua

  2. Wakil Ketua

  3. Sekertaris

  4. Bendahara

  5. Ketua Divisi Penyaluran dan Evaluasi

  6. Ketua Divisi Penerimaan Donasi

  7. Ketua Divisi Pembinaan dan Kreatif

  8. Ketua Divisi Humas, Publikasi, dan Dokumentasi


Kegiatan Rutin :

  1. Rapat bulanan : Rapat bulanan diadakan oleh pengurus PKA PKN STAN dalam rangka merumuskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada bulan berikutnya. Rapat bulanan juga bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pengurus PKA serta kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PKA.

  2. Gathering bulanan : Kegiatan rutin blanan yang terdiri dari seminar informatif oleh narasumber yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat Awardee, serta sebagai bentuk menjaga silaturahmi antar Awardee dan juga pengurus PKA

  3. Workshop : Agenda rutin bulanan yang secara spesifik bertujuan untuk mengembangkan potensi Awardee dalam bidang tertentu sehingga diharapkan Awardee dapat menerima secara langsung. Kegiatan ini dihadiri oleh Awardee sesuai minat dan bakatnya.

  4. English Session : Dalam menyikapi globalisasi, meningkatkan kemampuan Bahasa inggris dianggap perlu, karena Bahasa Inggris merupakan Bahasa global yang sering digunakan di kalangan internasional . Kegiatan English Session diadakan untuk memfasilitasi Awardee dalam meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa inggris.


Kondisi dan Kegiatan Elemen Kampus di Masa Pandemi

Di masa pandemi, kegiatan PKA PKN STAN tetap berjalan sebagaimana mestinya dengan menggunakan bantuan teknologi. Walaupun tidak dapat bertemu langsung secara tatap muka, namun tidak menghalangi kegiatan PKA untuk tetap berlangsung. Gathering I bertujuan untuk menyambut Awardee baru serta menjalin keakraban Bersama berlangsung pada bulan November 2020, Gathering II bertema Mental Health telah dilaksanakan pada bulan Desember 2020, Gathering III berlangsung pada bulan Januari dengan tema Akademik dan Perlombaannya, Gathering IV dengan tema Perencanaan Keuangan dilaksanakan pada bulan Februari. Sedangkan untuk Workshop, dimulai dengan Workshop I pada bulan Desember 2020 yang bertemakan Graphic Design, dilanjutkan dengan Workshop II dengan tema Kepenulisan pada bulan Januari, Workshop III dengan tema Investasi pada bulan Februari. Kegiatan English Session pun telah diadakan rutin dari bulan Januari sampai dengan Maret tercatat PKA telah mengadakan 3 kali English Session.

 Media Sosial : 

  1. Instagram : @pka.pknstan

  2. Telegram : Program Kakak Asuh

  3. Email : Kakakasuh.pknstan@gmail .com / sekrepka@gmail.com

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel