TEATER ALIR




Teater Alir adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berada di bawah naungan Kementrian Seni dan Budaya BEM KM PKN STAN, yang didirikan pada tahun 1998 dengan nama Teater Alir. Arti ‘Alir’ ini diharapkan agar teater ini terus mengalir tanpa batas bersama karya-karya luar biasa mahasiswa PKN STAN. Teater ini bergerak di bidang seni terutama seni teater dengan tujuan sebagai wadah mahasiswa atau mahasiswi PKN STAN untuk menuangkan ide dan mengaplikasikannya dalam bentuk karya yang kemudian ditunjukkan melalui pementasan agar dapat dinikmati oleh seluruh sivitas akademika PKN STAN.

UKM yang kini memiliki anggota aktif sebanyak 97 orang ini, menganut sistem kekeluargaan sehingga para alumni tetap dianggap sebagai anggota Teater Alir dan diharapkan tetap berkontribusi untuk kemajuan Teater Alir. Saat ini Teater Alir sudah mencapai angkatan ke-21. Pengurus inti teater alir terdiri dari seorang ketua dan dua wakil ketua. Untuk pemilihan pengurus tersebut, teater Alir melakukan musyawarah dengan para anggota.

Struktur organisasi Teater Alir dibagi dalam enam bidang yang memiliki fungsi sebagai berikut:
1.      Bidang Riset dan Pengembangan Potensi
Bidang ini bertanggung jawab atas materi yang akan disampaikan saat pelatihan rutin.
2.      Bidang Pengarsipan Naskah
Bidang ini bertugas untuk mengarsipkan seluruh naskah yang telah dipentaskan oleh Teater Alir.
3.      Bidang Perlengkapan
Bidang ini bertugas atas penyimpanan semua aset yang dimiliki Teater Alir dan menyewakannya. Aset yang dimiliki berupa backdrop, lampu sorot, dan sebagainya.
4.      Bidang Artistik
Bidang ini bertanggungjawab atas make up dan kostum dalam pementasan.
5.      Bidang Wirausaha
Bidang ini merupakan bidang baru dalam Teater Alir, bertanggung jawab atas sumber pendapatan Teater Alir sehingga pendapatan tersebut dapat digunakan untuk membeli aset baru atau perlengkapan lainnya.
6.      Bidang DKV
Bidang ini bertanggungjawab atas akun sosial Tetaer Alir seperti akun line dan instagram. Selain itu, bidang ini juga mendokumentasikan setiap pentas Teater Alir, membuat video, poster, dan sebagainya.

Beberapa event tahunan dan kegiatan rutin yang dilaksanakan adalah
·         Latihan Rutin
Kegiatan rutin mingguan untuk persiapan pentas di atas panggung dan pengenalan teater secara lebih dalam kepada para anggotanya.
·         Pentas Kenal Alir (PENTAKEL)
Kegiatan untuk para anggota baru teater Alir dengan tujuan menambah pengalaman dalam membuat pentas teater dan bermain peran langsung dalam pentas tersebut.
·         Pentas Dadakan
Kegiatan yang memiliki waktu dan tempat yang fleksibel karena pentas ini menampilkan pandangan Teater Alir terkait fenomena yang ada.
·         SENDAL
Kegiatan untuk para mahasiswa dan mahasiswi baru yang juga merupakan anggota baru teater alir untuk melakukan bonding dengan kakak-kakak dan anggota yang lain serta pengenalan sekaligus tentang teater.
·         Pentas Tunggal (PENTUNG)
Merupakan event terbesar dari Teater Alir dan rutin dilakukan setiap tahun. Biasanya diadakan pada Bulan November. Pentas ini mengusung tema yang extraordinary dan sarat akan makna.

Pencapaian atau prestasi terbesar yang telah diraih Teater Alir adalah saat pementasan PENTUNG dengan mengikutsertakan sumber daya manusia dengan jumlah yang banyak dalam satu pementasan dan mengangkat budaya Bali. Selain itu Teater Alir selalu mendapat job untuk tampil di acara besar PKN STAN seperti Wisuda, Diesnatalis, Dinamika, dan lain-lain menjadi kebanggaan tersendiri untuk Teater Alir.

Untuk informasi lebih lanjut dapat didapat dari media sosial Teater Alir
Instagram        : @teateralir.stan
Line                 : @iaa0577e
CP                   : 087839347904
(Nayanggita Nur H)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.