Voca Wardhana Choir





Voca Wardhana Choir merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Politeknik Keuangan Negara STAN yang bergerak di bidang paduan suara. UKM ini mewadahi mahasiswa-mahasiswi yang memiliki minat dan bakat di dunia tarik suara. Pada awalnya, Voca Wardhana Choir merupakan grup paduan suara pengisi acara wisuda di PKN STAN. Namun, sejak tahun 2010 diresmikan menjadi UKM yang berada di bawah naungan kementerian seni dan budaya BEM KM PKN STAN. Voca Wardhana Choir pernah mendapatkan peringkat 3 pada 9th National Folklore Festival tahun 2015.

Tujuan dan manfaat adanya Voca Wardhana sebagai salah satu elemen kampus di PKN STAN adalah menjadi salah satu wadah bagi para mahasiswa untuk mengembangkan dan menyalurkan hobi mereka dalam hal bernyanyi yang bersatu dalam kesatuan harmoni.

VISI: Voca Wardhana Choir sebagai UKM  yang menjadi wadah mahasiswa dalam mengekspresikan minat bakatnya dalam bernyanyi dan paduan suara yang berguna bagi nusa dan bangsa.

MISI: 

1.        Menghimpun dan membina mahasiswa yang memiliki minat dan/atau bakat sesuai sifat dan tujuan PSM Voca Wardhana serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di lingkungan Keluarga Mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

2.        Melaksanakan kegiatan-kegiatan di bidang seni sesuai dengan asas dan visi  Voca Wardhana serta upaya mewujudkan pribadi yang berkompeten.

3.        Berperan aktif dan berprestasi dalam berbagai kegiatan di dalam maupun di luar lingkungan kampus.

Struktur Organisasi:

1.        Ketua

Mengkoordinir segala kegiatan VWC.

Bertugas menghadiri forum dengan elkam lainnya.

Menyelesaikan konflik-konflik internal.

2.        Ketua 1

Bertugas menggantikan ketua apabila ketua sedang berhalangan.

Bertanggung jawab atas kegiatan internal.

Membawahi divisi di lingkup internal (materi, personalia, PPI, performa)

 

3.        Ketua 2

Bersama KETUA 1, bertugas menggantikan ketua apabila ketua sedang berhalangan.

Bertanggung jawab atas kegiatan eksternal.

Membawahi divisi di lingkup eksternal (eksternal, vocapreneurship, intermedia, inventarisasi).

 

4.        Sekertaris:

Mengurusi segala surat-menyurat dan LPJ VWC.

Menyimpan data seluruh anggota VWC dan file-file penting VWC.

 

5.        Bendahara:

Mengurusi segala pengeluaran dan bidang keuangan VWC.

Berhubungan dengan pembuatan anggaran.

Tanggung jawab dengan penerimaan fee dari job.

Bantu sekre buat LPJ juga bagian LK

 

6.        PPI:

Betugas mengontrol kepatuhan internal, terutama ketika latihan.

Materi

Personalia

 

7.        Vocapreunership:

Bertanggung jawab atas pengadaan korsa angkatan dan merch VWC.

Berperan aktif dalam pengadaan dana tiap event VWC.

 

8.        Intermedia:

Bertanggung jawab atas setiap konten dalam media sosial VWC dan segala hal berbau media.

Memposting setiap kegiatan dan informasi VWC pada sosial media.

Mengurusi pengadaan KTA anggota baru VWC.

 

9.        Inventarisasi:

Bertanggung jawab menyimpan segala inventaris VWC. 

 

10.    Eksternal:

Menjadi penghubung antara internal VWC dengan pihak luar VWC (elkam lain).

 

11.    Performa:

Mengatur segala hal yang berkaitan dengan performa VWC: kostum, koreo, hingga make-up.  

 

Kegiatan Rutin: 

Latihan rutin VWC: Latihan rutin merupakan kegiatan wajib VWC yang dilaksanakkan setiap hari Sabtu dengan yang materinya merupakan kumpulan lagu-lagu yang akan dinyanyikan pada setiap kegiatan besar kampus dan lagu lainnya untuk kepentingan tertentu.

 

Kegiatan Khusus: 

1.        First Gathering: Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut anggota baru Voca Wardhana Choir sehingga bisa saling berinteraksi dan dekat dengan anggota yang lainnya baik yang baru ataupun anggota terdahulu.

2.        Inaugurasi: Inaugurasi merupaka acara di mana seluruh anggota Voca Wardhana yang baru dikukuhkan menjadi anggota resmi yang didalanya berisi paparan materi dan kegiatan-kegiatan Voca Wardhana pada umumnya.

3.        Mini Concert: Mini Concert merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh anggota Voca Wardhana yang baru dilantik dengan menyanyikan lagu-lagu yang sudah ditentukan dengan paduan harmonisasi.

4.        Grand Concert: Grand Concert merupakan salah satu kegiatan besar Voca Wardhana di mana setiap tahunnya diadakan konser akbar yang dilaksanakan oleh seluruh anggota baik yang baru ataupun senior dengan ruang lingkup yang lebih besar.

Dalam masa pandemi seperti sekarang, kegiatn-kegitaan yang biasa dilakukan oleh Voca Wardhana Choir sendiri tetap berlangsung dan sedikit mengalami perubahan yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka berganti dilakukan secara online melalui platform Zoom Meeting. Terdapat kesulitan ketika melakukan latihan rutin, selain dikarenakan masih kurangnya teknlogi dan efektifitas dalam melakukan latihan dalam kondisi jarak jauh. Selain itu, terdapat kegiatan yang seharusnya dapat dilakukan, tetapi terpaksa tidak terjalanai karena kondisi yang sulit, yaitu Mini Concert dan Grand Concert. Akan tetapi, kami mencoba untuk membuat kegiatan baru yang dapat dilakukan dalam situasi pandemi seperti sekarang.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Voca Wardhana Choir dapat diakses melalui:

1.        Line: @xkg1194h

2.        Instagram: @vocawardhana

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.