menu melayang

Rabu, 21 April 2021

Mercy PKN STAN


Sejarah dan Latar Belakang Pendirian Elemen Kampus

MERCY PKN STAN telah didirikan sejak 1 Mei 2015 sebagai komunitas atau perkumpulan mahasiswa aktif PKN STAN yang memiliki minat dan bakat sebagai pembawa acara di berbagai event kepanitiaan di kampus PKN STAN. Tujuan dari dibentuknya MERCY PKN STAN adalah sebagai wadah bagi mahasiswa PKN STAN yang memiliki minat dan bakat di bidang public speaking khususnya Master of Ceremony atau pembawa acara. Pada tanggal 25 September 2018 Mercy PKN STAN diresmikan sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa. Pembentukan MERCY PKN STAN sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa bertujuan agar MERCY PKN STAN bisa mendapatkan kepastian hukum tentang keberadaannya di lingkungan PKN STAN. Selain itu, pembentukan MERCY PKN STAN sebagai UKM juga bertujuan agar pengelolaan UKM MERCY PKN STAN menjadi lebih profesional dan berkualitas. Dengan dijadikannya MERCY PKN STAN sebagai UKM, diharapkan program kerja yang telah disusun dapat dilaksanakan semaksimal mungkin.


Tujuan dan Manfaat MERCY PKN STAN

  1. Mengembangkan kemampuan public speaking bagi anggota terutama dalam bidang pembawa acara.
  2. Memberikan dorongan kepada anggota untuk berkarya dan berkontribusi demi kepentingan masyarakat banyak. 
  3. Memupuk dan membina rasa persaudaraan dan kekeluargaan antar anggota.
  4. Mengusahakan kesejahteraan material dan spiritual serta memperjuangkan kepentingan anggota di lingkungan kampus. 

VISI : Menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang unggul dalam bidang Public Speaking terutama sebagai pembawa acara bagi mahasiswa PKN STAN

MISI : 

  1. Sebagai wadah bagi mahasiswa PKN STAN untuk mengembangkan diri dengan kemampuan Public Speaking terutama sebagai pembawa acara
  2. Memberikan motivasi dan pembelajaran langsung kepada seluruh anggota UKM MERCY PKN STAN untuk memiliki rasa percaya diri, berkarakter, berwawasan luas, dan good personality 
  3. Pelatihan melalui praktik atau terjun langsung di berbagai event di bidang pembawa acara

Struktur Organisasi :

Ketua

Wakil Ketua

Sekretaris

Bendahara

Ketua Departemen Humas

Ketua Departemen Human Resource

Ketua Deparemen Kurikulum


Kegiatan Rutin

a. Latihan Rutin Mercy (Larucy): Merupakan latihan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan semua nggota Mercy dimana latihan ini merupakan program kerja departemen kurikulum, disini nantinya akan ada materi yang dibahas baik dalam hal per-Mc-an  dan segala hal yang berkaitan dengan itu 

b. Live Mercy (Licy): Merupakan kegitatan melakukan Live di IG MERCY dimana live akan dilakukan oleh salah seorang anggota Mercy bersama dengan narasumber yang telah dipilih dengan tujuan edukasi serta publikasi 

c. Program Kegiatan Open Recruitment Anggota Baru Mercy: Open recruitment anggota baru ini diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif PKN STAN tingkat dua dan tingkat tiga dengan mendaftar melalui link yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara. Dimana peserta dimohon untuk mengisi biodata, membuat video MC dengan teks yang sudah ditentukan oleh panitia, dan mengisi beberapa pertanyaan terkait pengalaman saat mereka membawakan suatu acara. Kegiatan ini dilaksanakan secara jarak jauh via online yang diikuti oleh kurang lebih 30 peserta.

d. Program Kegiatan Seminar Public Speaking: Seminar Public Speaking ini diikuti oleh mahasiswa PKN STAN yang terdaftar dalam form pendaftaran. Kegiatan Seminar public seminar kali ini. Acara ini dilaksanakan dalam bentuk seminar dengan pemaparan secara penuh dilakukan oleh narasumber dan diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. 

e. Workshop Internal : Workshop ini merupakan kegiatan pertemuan serta pelatihan anggota mercy yang akan dihadiri narasumber dengan tujuan untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan anggota Mercy. 


Kegiatan Khusus

a. Jingle Mercy: Keberadaan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa tak lengkap rasanya bila tidak memiliki sebuah lantunan lagu penyemangat kepunyaan mereka sendiri. Lirik yang berisi sebuah makna perjuangan dan perjalanan para anggota Mercy PKN STAN dari awal bergabung ke dalam organisasi hingga perjuangan membawakan sebuah acara dengan baik dan professional. Rasa kekeluargaan juga ingin dijunjung tinggi dalam pembuatan Jingle Mercy ini. 

b. Mercy Merch: Mercy Merch merupakan kegiatan pengadaan merch berupa kaos yang utamanya ditujukan untuk anggota Mercy, namun juga terbuka  untuk seluruh mahasiswa PKN STAN. Kaos ini didesain khusus agar dapat menunjukkan ciri khas Mercy dengan tampilan yang tetap indah, walaupun dipakai oleh mahasiwa selain anggota Mercy. 

c. Program Kegiatan Self-Love Talk: Acara Self-love Talk dilaksanakan bersamaan dengan seminar public speaking. Acara Self-love Talk dilaksanakan dengan mengusung tema shining with your incredible-self di mana pada acara ini menerapkan konsep talkshow dengan Kak Ani sebagai narasumbernya dan membahas mengenai tips and trick mengenai cara meningkatkan nilai diri dari penampilan dan kepercayaan diri.

d. Funcy Challenge: Funcy Challenge merupakan proker terbaru dari Mercy PKN STAN yang terdiri dari dua challenge yaitu :  

a)      Dance Cover Tiktok dengan menggunakan jingle Mercy PKN STAN 

b)      Cover Jingle Mercy PKN STAN berdurasi 1 menit 

Ditujukan terkhusus untuk anggota Mercy, namun pihak ekternal Mercy juga dapat bergabung. 



Kondisi dan Kegiatan Elemen Kampus di Masa Pandemi


Disaat Pandemi beberapa Program kerja Mercy PKN STAN disesuaikan sedemikian rupa agar dan tetap dilaksanakan dengan efektif dan efisien, contohnya latihan rutin dan seminar Public Speaking yang biasanya dilakukan secara tatap muka sekarang dilakukan melalui media Zoom. Meskipun sedang pandemi dan tidak mungkin untuk bertatap muka secara langsung namun semua program kerja Mercy PKN STAN tetap dapat dilakukan dengan maksimal. Dengan adanya pandemi ini juga, banyak kegiatan seminar dan acara yang dilakukan secara online diisi anggota Mercy yang berperan menjadi MC secara virtual. Mercy juga merencanakan berbagai program baru dalam kondisi pandemi ini, seperti Funcy Challenge yang dilakukan secara daring dari rumah masing-masing. Jadi, meskipun sedang pandemi, kondisi dan kegiatan Mercy PKN STAN tetap berjalan seperti yang diharapkan.


Untuk mendapat informasi lebih lanjut Mercy PKN STAN dapat dihubungi melalui akun sosial media berikut:
Instagram        : @mercypknstan
Email               : mercypknstan@gmail.com

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel