menu melayang

Rabu, 20 Maret 2019

Mural Dinding Sarmili, Aksi Inspiratif STAPALA



Akhir-akhir ini,pemandangan yang tidak biasa terlihat pada dinding gang masuk Sarmili. Berbagai macam mural bertema alam dan lingkungan menghias suasana yang biasanya abu-abu. Aksi kreatif tersebut adalah hasil kerja dari STAN Pecinta Alam, atau yang biasa kita sebut STAPALA. Aksi yang dimulai sejak 7 Maret 2019 ini, dikerjakan gotong royong oleh anggota STAPALA sebagai jawaban atas tantangan sekaligus tradisi untuk memberikan “bekas” di kampus ini. Dipilihnya dinding di samping gerbang Sarmili ini juga bertujuan untuk membenahi daerah wall climbing yang biasa mereka gunakan sehari-hari.

Diawali dengan perizinan dengan Ketua RT setempat, dinding yang awalnya masih berwarna abu-abu dan terlihat menyeramkan pada saat malam hari pun menjadi warna putih terang dengan cepat. “Waktu ngewarnai putih itu dulu, awalnya kami gatau mau gambar apa. Akhirnya kita gambar yang berkaitan dengan alam,” ucap Nandaka, salah satu anggota STAPALA yang terjun langsung di lapangan. Meskipun sempat bingung dengan apa yang harus digambar, masing-masing anggota yang terlibat dengan antusias menuangkan karya mereka dengan berbagai macam makna yang saling mengingatkan untuk menjaga dan mencintai lingkungan.

Salah satu contoh gambar yang paling menarik perhatian adalah gambar dewa Yunani sembari memegang daun yang terletak di tengahdinding.Gambar ini memiliki makna bahwa pada akhirnya, manusia pun akan kembali mengagung-agungkan tumbuhan dan alam. Selain itu, terdapat pula gambar salah satu kartun yang cukup terkenal saat ini, yaitu We Bare Bears. “Sebenarnya, saya mau menyadarkan orang bahwa We Bare Bears itu salah satu kampanye pemanasan global. Dimana mereka adalah hewan-hewan yang rentan terhadap perubahan iklim apalagi polar bear,ujar Nandaka. Selain mengampanyekan mengenai lingkungan dan hewan langka, dia beserta anggota lainnya ingin menegaskan bahwa kehidupan kita sehari-hari tak lepas dari alam sehingga seharusnya kita menjaga bumi ini agar anak cucu kita nanti bisa ikut menikmati apa yang kita nikmati saat ini.

Harapan STAPALA agar mural ini dapat menginspirasi dan memotivasi orang-orang yang melihatnya pun tercermin dari respons positif warga sekitar yang bangga dan senang akan aksi ini.Dindingnya jadi terlihat bersih dan bagus dipandang,”tutur Neneng salah satuwargaSarmili.Tidak hanya warga sekitar, beberapa mahasiswa yang sering melewatigerbang Sarmili pun juga menyukainya. “Ini bisa dijadikan kampanye kecil-kecilan karena berisi anjuran yang positif,” ungkap Nur Asila, mahasiswi program studi D III Kebendaharaan Negara.Sewaktu pengerjaan tak jarang anak-anak yang bermain di sekitar gerbang Sarmili ikut menebak-nebak gambar apa yang akan muncul. Terkadangpengendara ojek atau penjual kaki lima kewalahan saat melewati gang karena ramainya anggota STAPALA yang mengikuti aksi. Walaupun demikian, hasil yang didapatkan oleh anggota STAPALA cukup sepadan dengan usaha yang telah mereka keluarkan.

(Kontributor : Afra & Deni)

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel