menu melayang

Rabu, 13 Maret 2019

Peringati Hari Perempuan Internasional, Tania Menjadi Menteri Keuangan Sehari


Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2019, Kementerian Keuangan bersama Yayasan Plan International Indonesia (YPII) dan Youth Coalition for Girls (YCG) menyelenggarakan program Girls Take Over, yang memberi kesempatan bagi anak muda perempuan di Indonesia untuk menjalani peran sebagai Menteri Keuangan selama sehari. Setelah melalui berbagai proses seleksi oleh panitia, Tania, siswi SMA Negeri 4 Surakarta terpilih menjadi juara pertama kegiatan 'Yuk, Jadi Menteri Keuangan Sehari'

Tania bercerita, ia mendapatkan informasi kegiatan ‘Yuk, Jadi Menteri Keuangan Sehari’ dari poster yang dibagikan oleh YPII. Setelah memenuhi segala persyaratan mulai dari mengisi Google-form sampai mengunggah video di YouTube yang berisi tentang apa yang akan dilakukannya apabila menjadi Menteri Keuangan, Tania berhasil terpilih menjadi pemenang. Proses seleksi kegiatan ini sendiri dilakukan oleh pihak YPII, Kementerian Keuangan, dan Menteri Keuangan langsung.

Pada hari pertamanya, Tania berkesempatan untuk mengobrol dan sharing santai dengan Ibu Sri Mulyani, serta melakukan kunjungan ke kampus Politeknik Keuangan Negara STAN. Hari selanjutnya, setelah acara meet and greet dengan Ibu Sri Mulyani, Tania melakukan kunjungan ke MRT Jakarta yang akan dirilis bulan Maret ini.

Selama tiga hari bertemu dengan Menteri Keuangan, siswi kelas 10 ini menyatakan bahwa hal yang paling berkesan selama kegiatan adalah ketika di hari ketiga ia memimpin rapat bersama jajaran pejabat Eselon 1 Kementerian Keuangan. “Banyak kegiatan dicancel, misalnya agenda ketemu Pak Jokowi, tapi beliau nggak bisa. Terus agenda ketemu Bapak Wakil Presiden dicancel juga. Kegiatan yang paling penting dari semuanya, aku berkesempatan memimpin rapat sama Dirjen. Paling berkesan dan punya makna mendalam. Leadershipnya (jadi) tahu banget, mengetahui apa yang harus dilakukan pemimpin, dan jadi bisa menghargai pemerintah setelah melihat sistem di Kementerian Keuangan,” tutur siswi yang bercita-cita terjun di bidang komunikasi dan bahasa ini.

Tania berpesan bagi pemerintah agar jangan selalu puas. Tingkatkan kinerja agar lebih baik, terutama untuk kesetaraan gender karena perempuan melahirkan generasi-generasi selanjutnya yang menentukan bagaimana Indonesia ke depannya. “Untuk pembaca atau mungkin calon-calon jadi menteri sehari berikutnya, kalian harus bisa menyuarakan kesetaraan gender lebih baik lagi daripada yang sebelumnya,” ujar Tania.

Related Post

Back to Top

Cari Artikel