menu melayang

Rabu, 14 September 2022

Hari Perdana Dinamika 2022: Peresmian dan Penyambutan Mahasiswa Baru


Sumber foto: Dokumentasi reporter Media Center saat acara Sidang Senat Mahasiswa Baru PKN STAN, Selasa (13/9)

Tangerang Selatan, Media Center PKN STAN – Selasa (13/9), Dinamika PKN STAN resmi digelar secara luring. Untuk mengawali serangkaian acara Dinamika, dilaksanakan salah satu mata acara penting, yaitu Sidang Senat. Acara ini diselenggarakan di Gedung G PKN STAN dan dihadiri oleh para senat PKN STAN. Sidang Senat bertujuan untuk mengukuhkan mahasiswa baru atau dengan kata lain merupakan pengesahan bahwa mahasiswa baru dapat dinyatakan resmi sebagai mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN. Sidang diawali dengan Laporan dari Kepala BAAK (Badan Administrasi Akademik dan Keuangan) Bapak Denny Handoyo Supriatman. Kemudian dilakukan pembukaan Sidang Senat oleh Ketua Senat Bapak Kusmono.

Kemudian pelaksanaan pengukuhan mahasiswa baru yang diwakili oleh 3 (tiga) orang mahasiswa baru dari masing-masing program studi. Pengukuhan mahasiswa baru dilakukan secara simbolis dengan pengalungan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kepada 3 (tiga) mahasiswa baru yang mewakili program studinya masing-masing oleh Direktur PKN STAN Bapak Rahmadi Murwanto. Serah terima mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara STAN ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh Direktur dan Ketua Program Studi PKN STAN. Selain itu, disebutkan juga jumlah mahasiswa dari setiap jurusannya yaitu sebagai berikut; Program Studi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik dengan jumlah 343 mahasiswa, Program Studi Diploma IV Manajemen Keuangan Negara sejumlah 372 mahasiswa, dan Program Studi Diploma IV Manajemen Aset Publik sejumlah 118 mahasiswa.

Dok. pribadi: Suasana Sidang Senat Dinamika 2022

Selanjutnya, Direktur Keuangan Negara STAN Bapak Rahmadi Murwanto menyampaikan sambutannya di hadapan mahasiswa baru. Dalam kesempatannya, disampaikan sedikit mengenai kehidupan perkuliahan di kampus Ali Wardhana. Beliau menginginkan mahasiswa yang masuk ke kampus ini menjadi profesional dalam lingkup berpikir, menjadi pengelola Keuangan Negara yang mewujudkan NKRI yang sejahtera atau berkeadilan sosial. Ada banyak sistem pendidikan yang tujuannya untuk membantu mahasiswa. Bapak Rahmadi Murwanto juga kembali mengingatkan mahasiswa baru tentang tema Dinamika 2022 “Satya Bhavana Parahita” yang artinya bertanggungjawab, adaktif dan kreatif, serta memiliki empati dalam kebersamaan. Beliau menyampaikan, “Pendidikan di PKN STAN bukan hanya menciptakan orang pintar, komponen yang besar lainnya adalah pembangunan karakter.”

Dok. Pribadi: Drama Musikal yang ditampilkan pada Opening Ceremony

Kegiatan Dinamika hari pertama dilanjutkan dengan acara Opening Ceremony Dinamika PKN STAN. Acara dibuka dengan menampilkan sebuah drama musikal yang bertajuk "Dhinakara  dan Candarika : Kisah Awal untuk Akhir Bahagia." Drama ini mengisahkan romansa sepasang muda-mudi dari mulai saling mengenal hingga saling memberikan dukungan dalam mengejar cita-citanya, yaitu berkuliah di PKN STAN. Drama berlangsung meriah, mahasiswa cukup antusias dengan cerita yang disajikan karena dibalut dengan tarian-tarian yang membuat suasana menjadi lebih hidup. Penampilan seorang mahasiswa yang memainkan biola dengan diiringi tarian oleh sepasang penari juga membuat drama semakin menarik. Drama ditutup dengan tokoh utama yang berhasil menjadi mahasiswa PKN STAN dan bertemu dengan teman-temannya di kampus Ali Wardhana.

Mahasiswa Baru sedang mengikuti Tour de Kampus

Selain kedua acara di atas, Dinamika hari pertama juga diisi dengan Pengenalan Manajemen Kampus, Pengenalan Panitia-Panitia Dinamika PKN STAN 2022, Pengarahan Akademik Kampus, dan Pengenalan Program Studi, hingga Pengenalan Lingkungan Kampus (Tour de Kampus). Untuk kegiatan Pengenalan Program Studi ini dikhususkan untuk Mahasiswa Tugas Belajar (MTB), sedangkan Tour de Kampus diikuti oleh mahasiswa baru reguler. Tour de Kampus dilaksanakan di sore hari oleh mahasiswa baru yang dipimpin oleh Raka dan Rakanita Asistensi kelompoknya masing-masing.

Reporter: Adila Syifa H.D. dan Novenda Rian P.


Related Post

Back to Top

Cari Artikel