menu melayang

Selasa, 13 September 2022

Pra-Dinamika: Lebih Dekat dengan Kehidupan Berasrama

 


Sumber foto: Dokumentasi Pra-Dinamika PKN STAN 2022 di Gedung G oleh reporter Media Center,  Agenda paparan kehidupan asrama, Senin (12/9).


Tangerang Selatan, Media Center PKN STAN - Senin, 12 September 2022 merupakan sebuah awal perjalanan Generasi Dhinakara menapaki kampus Politeknik Keuangan Negara STAN. Perjalanan ini dimulai dengan kegiatan pengenalan kampus berupa Studi Perdana memasuki Kampus (Dinamika). Rangkaian Dinamika akan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 12-16 September 2022. Jargon yang diusung dalam pelaksanaan dinamika tahun ini adalah “Sinergi Pembawa Harapan Bangsa, Dedikasi untuk Indonesia”. Rangkaian acara Dinamika diawali dengan kegiatan Pra-Dinamika yang bertujuan agar mahasiswa baru mengenal kampus PKN STAN lebih dekat. Pengenalan ini merupakan pengenalan lingkungan kampus terutama kehidupan berasrama yang sudah diselenggarakan PKN STAN sejak tahun 2021 lalu.

Salah satu mata acara yang digelar dalam pelaksanaan Pra-dinamika adalah bincang interaktif dengan Ketua Badan Asrama (BAM) PKN STAN, Sondy Akbar Ardiansyah, bersama Wakil Ketua, Intan Permatasari. Kegiatan ini berlangsung di gedung G PKN STAN sekitar pukul 14.00-15.00 WIB. Sebagai Pengurus BAM, Kak Sondy dan Kak Intan menyampaikan beberapa poin terkait pengalaman kehidupan berasrama yang telah dilalui satu tahun ke belakang. Beliau berdua menyampaikan bahwa kegiatan di asrama sangatlah menyenangkan karena fasilitas yang ada di PKN STAN sangatlah mendukung kegiatan perkuliahan dan cukup lengkap, mulai dari jaringan Wifi, ruang belajar indoor-outdoor, ruang komunal, perpustakaan, dan lain-lain. Selain itu, terdapat berbagai kegiatan non-akademik yang beraneka ragam. Sebagaimana dituturkan oleh kak Sondy.

Kemarin kita ada turnamen voli, turnamen futsal di Bulan Desember setelah melaksanakan UTS kita ada kegiatan itu. Jadi, kita membentuk tim tiap kelas digabung menjadi dua, jadi tiap kelas itu punya tim masing-masing, punya suporter masing-masing yang menjadi ajang adu kekompakan dan  juga  semangat dari suporter masing-masing. Selain itu, juga adu permainan terbaik, baik dari futsal maupun voli. Perlu diingat teman-teman bahwa di sini kita menjunjung sportivitas. Jangan pakai emosi tapi pake full skill bermainnya”.

Yang jadi pertanyaan saat berasrama adalah bagaimana alur distribusi barang yang dipesan dan keluar-masuk mahasiswa-mahasiswi dari kampus. Asrama memberlakukan sistem pelaporan untuk kegiatan seperti ini. Pelaporan ini wajib menyertakan foto, yaitu foto pengambilan paket (barang masuk) atau lokasi/gps maps (keluar-masuk kampus). Kegiatan ini diawasi oleh tim PKD atau Petugas Keamanan yang ada di lingkungan kampus PKN STAN.

Pemaparan terkait kehidupan berasrama diikuti dengan antusias oleh para maba-miba. Sampai memasuki tanya-jawab, sejumlah tiga orang menyampaikan pertanyaannya dengan langsung naik ke atas panggung setelah dipersilakan oleh panitia. Muh Ihsan Saifullah (Ihsan) dari gugus Sadelinggam 1 menyampaikan pertanyaan tentang aturan model rambut mahasiswa. Model potongan ukuran satu centimeter, apakah diterapkan saat awal masuk atau selama setahun berasrama. Kak Sondy memberikan penjelasan bahwa model seperti itu mungkin untuk kerapian dan kedisiplinan. Terkait berapa lama peraturan model tersebut masih menunggu arahan dari Unit Pengembangan Karakter (UPK).

Kak Intan kembali menjelaskan terkait pemesanan paket. Pertama input barang yang dibeli dan pastikan sesuai waitlist yang diperbolehkan. Selanjutnya mahasiswa memesan dan menulis estimasi barang sampai, serta barang harus difoto dan diinput setelah tiba.

“Jadi kita hanya boleh memesan dari list yang ada jadi kalo diluar list itu berarti itu langsung disimpulkan bahwa tidak boleh dipesan. Nah Kalo sudah melakukan pemesanan, setelah kita input kita baru boleh melakukan pemesanan dan kita menuliskan tanggal estimasi kira kira paketnya nyampai itu tanggal berapa. Jika barang sudah diterima maka nanti difoto dan input penerimaan barang,” tutur Kak Intan.

Maba-miba menyambut kegiatan asrama ini dengan perasaan masing-masing. Ada yang bersyukur dan bilang terjamin, seperti yang dikatakan Dyan Amalia, mahasiswi D4 Manajemen Keuangan Negara (D4 MKN). “Kalau saya terjamin ya kak, kan asrama itu dapat makan sehari-hari, kadang cocok kadang engga, banyak temennya juga,” jelasnya. Temannya, Amelia Lisnasyifa, D4 MKN, menambahkan bahwa ia senang-senang saja dengan kehidupan berasrama meskipun sebelumnya belum pernah merasakan. Perasaan lain terkait kehidupan berasrama adalah penasaran dan tidak sabar. Abyan Alif (D4 Manajekem Keuangan Negara) dan Alfath Asadulusud (D4 Akuntansi Sektor Publik), mereka penasaran dan semangat terkait keasyikan dan keseruan kegiatan-kegiatan seperti yang telah dipaparkan Kak Sondy dan Kak Intan.

Pra-Dinamika telah mereka lewati, mereka pribadi menaruh harapan tentang acara Dinamika 2022. Dyan dan Amelia berharap acaranya seru meskipun kelihatannya bakal capai. “Pasti seru, dari gambarannya udah kelihatan, tapi pasti capek (capai) banget (kegiatan Dinamika 2022,” ujar Dyah dan Amelia mengiyakan.

Dinamika 2022 diharapkan bisa memberi bekal positif yang dapat diterapkan, baik sebelum maupun waktu masuk ke perkuliahan. Kegiatan ini pun dapat menjadi jembatan untuk lebih mengenal lebih banyak orang, mulai dari rekan-rekan seangkatan ataupun raka-rakanita. Hal tersebut sesuai apa yang disampaikan Abyan dan Alfath.

 

Penulis: Siti Mega Hatinahtun

Editor: Surono

 

 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel