menu melayang

Kamis, 22 April 2021

Bambu Pelangi




Bambu Pelang PKN STAN pada awalnya adalah sebuah komunitas sukarelawan di kampus STAN yang berfokus di bidang sosial dan pendidikan utamanya bagi masyarakat Lapak Pemulung Sarmili. Namun sejak tahun 2015, Bambu Pelangi menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bawah Kementrian Sosial BEM KM PKN STAN di bidang sosial dan pendidikan. Sebagai wujud bentuk pengabdian dan bakti kami kepada negara adalah melalui pengambilan peran sebagai relawan dalam pemberian pembelajaran mengenai pengetahuan umum, kesenian, dan pengembangan kemampuan kepada masyarakat usia produktif di sekitar kampus PKN STAN.

Kegiatan Bambu Pelangi kini berfokus kepada adik-adik usia SD, SMP, SMA, serta adik - adik yang putus sekolah di Lapak Pemulung Sarmili sebagai sasaran utama. Namun Bambu Pelangi juga mulai mengepakkan sayapnya lebih lebar lagi untuk menyentuh derah yang lebih luas lagi sebagai sasaran tambahan. Terciptanya harapan adik - adik Lapak Pemulung Sarmili adalah harapan dan tujuan terbesar kami.

VISI

Menyadarkan, mengarahkan, dan membantu anak - anak, khususnya anak – anak marjinal dalam belajar dan berkarya karena mereka mempunyai pilihan hidup dan masa depan.

MISI

Memenuhi dan melindungi 10 hak anak. Sepuluh hak anak tersebut antara lain: Berdasarkan Konvensi Hak Anak PBB tahun 1989)

  • Hak untuk BERMAIN
  • Hak untuk mendapatkan PENDIDIKAN
  • Hak untuk mendapatkan PERLINDUNGAN
  • Hak untuk mendapatkan NAMA (Identitas)
  • Hak untuk mendapatkan status KEBANGSAAN
  • Hak untuk mendapatkan MAKANAN
  • Hak untuk mendapatkan akses KESEHATAN
  • Hak untuk mendapatkan REKREASI
  • Hak untuk mendapatkan KESAMAAN
  • Hak untuk memiliki PERAN dalam PEMBANGUNAN

 

STRUKTUR ORGANISASI


Ketua

Firdaus Al-Kautsar

Wakil Ketua

Rabecca Febrianty Purba

Sekretaris

Salsabil Syadza Hafizhah

Bendahara

Salsabila Widia Putri

Ketua Bidang PSDM

Kezia Intan Aurani

Ketua Bidang Pendidikan

Dyah Ayu Annisa Islami

Ketua Bidang Humas & Media

Affan Gafar Firjatullah

Ketua Bidang Project Officer

Bogi Mukja Lanang Prayoga

 

Kegiatan Rutin

  • Mengajar di Lapak Adalah kegiatan rutin anggota Bambu Pelangi untuk mengajar anak-anak di lapak sarmili sebagai kegiatan wajib dan mendasar bagi Bambu Pelangi sesuai dengan visi dan misi Bambu Pelangi itu sendiri. Kegiatan mengajar rutin dilakukan empat kali seminggu
  • Video Pembelajaran adalah kegiatan membuat konten pembelajaran untuk adik-adik di masa pandemi. Konten akan dimulai pada bulan April dengan estimasi update sebanyak 1-2 materi pembelajaran setiap minggunya
  • Content on Social Media adalah kegiatan untuk memperkaya pengetahuan pendidikan dan isu-isu terkini yang dikemas dalam berbagai bentuk konten yang diupdate setiap minggunya di platform Instagram seperti Bampelpedia, Bampel Queazy, QnA, Diary Bampel, Inspirasiku, dan SharingKuy.
  • Open Donation berupa uang dan barang yang dishare dalam bentuk poster dimana akan selalu difollow up sebulan sekali.

 

Kegiatan Khusus



  • Peringatan Hari Penting diadakan untuk memperingati hari-hari penting tertentu yang berhubungan dengan pendidikan dan anak seperti Hari Gizi, Hari Buku, Hari Buku, dan hari penting lainnya. Kegiatan berupa perlombaan atau mengajak adik-adik ke tempat edukasi tertentu
  • Cita-citaku adalah kegiatan dimana Bambu Pelangi mempertemukan anak-anak lapak dengan tokoh-tokoh inspiratif, contohnya Tentara, Dokter, dan sebagainya. Dengan harapan dapat membuat mereka semakin semangat meraih cita-cita serta mimpi mereka.
  • Podcast “Apa Kabar Lapak” menjadi media Sebagai ajang silaturahim dengan warga lapak di masa pandemi, dibuat podcast dengan warga lapak berisi tentang kegiatan sehari-hari mereka. Podcast berisi obrolan santai antara kakak Bampel dengan warga lapak
  • Belajar untuk Mengajar merupakan kegiatan yang mengundang orang-orang profesional dalam mengajar anak-anak maupun remaja sebagai pemateri dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi mengajar pengurus Bambu Pelangi.
  • Studi Banding adalah kegiatan dimana Bambu Pelangi melakukan studi banding dengan komunitas mengajar dari luar PKN STAN untuk menambah wawasan dan berbagi pengalaman anggota Bampel dengan komunitas mengajar tersebut.
  • Oprec Volunteer merupakan salah satu kegiatan dari divisi pendidikan Bambu Pelangi yang diadakan rutin tiap tahun kepengurusan baik satu atau lebih dari satu kali bagi mahasiswa/i aktif PKN STAN yang berminat menjadi volunteer untuk melakukan kegiatan sosial khususnya dalam bidang pemberian layanan pembelajaran kepada adik – adik marjinal di Lapak Pemulung Sarmili.
  • SoCrates Festival & Inauguration Day merupakan rangkaian kegiatan dengan tema pendidikan dan sosial yang menyasar peserta teman-teman mahasiswa dan pihak-pihak eksternal lainnya.

 

Kondisi dan Kegiatan Elkam di Masa Pandemi

 

Kegiatan utama dari Bambu Pelangi yang mengajar adik-adik di lapak Sarmili. Tetapi sejak pandemi, anggota Bampel harus menjalani PJJ di kota asal masing-masing sehingga kegiatan belajar mengajar di lapak tidak bisa dilaksanakan. Saat ini, Bambu Pelangi hanya bisa mengajari adik lapak yang aktif menggunakan gawai dan bisa dihubungi. Komunikasi dengan adik-adik lapak lainnya dapat dilakukan pada waktu tertentu, tidak bisa dilakukan secara rutin.

 

Untuk menanggulangi keterbatasan kegiatan yang dapat dilakukan, Bambu Pelangi fokus untuk mengembangkan sosial media yang dimiliki dengan membuat berbagai konten tentang pendidikan dan isu-isu terkini. Selain itu, kami juga membangun koneksi dengan berbagai pihak yang berminat untuk mengadakan kegiatan di lapak Sarmili sehingga mereka bisa menjadi koresponden Bambu Pelangi di lapak juga melakukan aktivitas bermanfaat dengan adik-adik. Lalu, kami juga dalam tahap untuk mempersiapkan berbagai materi pelajaran yang nantinya digunakan sebagai media belajar untuk adik-adik lapak, juga untuk pihak-pihak luar lain yang membutuhkannya. Tak hanya melalui sosial media, Bambu Pelangi juga berencana untuk menyelenggarakan acara besar dengan sasaran peserta yang lebih luas untuk branding Bambu Pelangi.

 

Karena saat ini fokus kegiatan meluas, terjadi perubahan pada komposisi bidang. Bidang-bidang yang dianggap memiliki konsentrasi tujuan yang semua seperti Aset Donasi, DKV, dan Humas dijadikan satu bidang bernama Humas&Media dengan penambahan subbidang Admin&Content. Lalu dibentuk bidang baru, Projcet Officer, dengan tugas untuk membuat ide-ide baru kegiatan dengan tujuan branding Bambu Pelangi.

 

Nama Elemen Kampus

Bambu Pelangi PKN STAN

Line

@bambupelangi

Instagram

@bambupelangi

Spotify (Podcast)

Bambu Pelangi

Related Post

Back to Top

Cari Artikel