menu melayang

Jumat, 30 April 2021

Tips Membuat Ramadanmu Lebih Menyenangkan Saat Pandemi

Ilustrasi kegiatan beribadah selama Ramadan.
(sumber gambar: http://mainmain.id/)
 

Media Center PKN STAN - Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia, karena di bulan ini seluruh umat muslim berlomba lomba mencari banyak pahala. Sayangnya, Ramadan kali ini masih sama dengan Ramadan sebelumnya, kita masih saja ditemani oleh virus Corona (COVID-19). Adanya virus ini, membuat banyak kegiatan seperti belajar, bekerja, dan tentunya ibadah seperti yang biasa kita lakukan di bulan Ramadan sebelum adanya pandemi menjadi sedikit terhambat. Bahkan mudik untuk tahun ini saja tidak diperbolehkan.

Meskipun demikian, jangan biarkan kondisi seperti sekarang ini menjadi hambatan buat beraktivitas. Masih banyak hal-hal menyenangkan yang bisa kita lakukan dirumah ketika kita berpuasa di kondisi pandemi seperti ini. Nah, berikut ini ada beberapa tips dari kami agar Ramadan kalian bisa terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

1.       Kerjakan semua tugas yang diberikan tepat pada waktunya

Tips yang pertama kalau kalian pelajar/mahasiswa adalah kerjakan tugas-tugas yang sudah diberikan oleh dosen/guru di waktu-waktu awal dari yang telah ditetapkan. Hal ini bisa membuat hari libur kalian tidak terganggu dengan adanya tugas-tugas itu lagi, sehingga hari libur kalian bisa diisi dengan kegiatan yang lebih produktif dan menyenangkan lainnya.

2.       Kurangi tidur dan perbanyak beribadah.

Di bulan Ramadan ini memang tidur adalah ibadah. Namun, janganlah tidur sampai berjam jam dari pagi sampai sore hingga lupa ibadah wajibnya. Hal tersebut salah, karena banyak waktu yang kita habiskan hanya untuk tidur yang mengakibatkan kita menjadi malas-malasan. Tidurlah yang cukup aja ya dan perbanyaklah ibadah seperti mengaji, bersedekah, serta kurangi maksiat.

3.       Membaca Al-qur’an dengan menetapkan target.

Beribadah di bulan Ramadan adalah suatu kegiatan yang wajib kita perbanyak setiap harinya selama satu bulan penuh, seperti halnya dalam membaca kitab suci Al-qur’an. Agar lebih tertata, kita bisa menetapkan target One Day One Juz yaitu satu hari kita harus bisa mengaji satu juz. Sehingga, membuat ibadah puasa kita lebih bermanfaat lagi bila diiringi dengan target seperti ini. Selain itu, dengan target ini kita bisa menyelesaikan 1 bulan Ramadan penuh dengan khatam Al-Qur’an. Masyaallah.

4.       Movie marathon

Hal yang satu ini pasti sudah tidak terdengar asing lagi bagi sebagian orang. Banyaknya waktu luang di bulan Ramadan ini bisa juga kita gunakan untuk menonton film yang sedang tayang di platform online tentunya. Bukan hanya film saja, tapi juga ada rekomendasi lain seperti webseries, TV series dan lain lain. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan dan ibadah wajibnya jangan sampai ketinggalan ya sobat Medcen!

5.       Memasak menu untuk berbuka puasa

Tips selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan memasak menu untuk berbuka puasa. Dengan ini, kita bisa memasak menu baru yang mungkin belum pernah kita tau sebelumnya. Selain itu pastinya ada kepuasan tersendiri dalam diri kita karena bisa memakan masakan yang kita masak sendiri, yang tentunya hemat juga. Betapa menyenangkan, bukan?

6.       Ngabuburit

Karena kita menghadapi bulan Ramadan kali ini dalam keadaan pandemic COVID-19, ada baiknya kita tetap mematuhi dan mengikuti protokol Kesehatan yang ada. Ngabuburit dirumah aja juga gak kalah seru lho. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk bisa menikmati ngabuburit selama dirumah aja, seperti mengikuti acara keislamian ynag diadakan di kampus, olahraga ringan, membersihkan kamar, berkebun, dan melakukan hal-hal lain sesuai dengan kemauan kita sambil menunggu adzan maghrib.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa membuat Ramadan-mu lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Walaupun pandemi COVID-19 ini menghambat beberapa kebiasaan yang kita biasa lakukan dibulan Ramadan, tetapi kita tidak boleh dong sampai malas-malasan beribadah dan beraktivitas yang positif di bulan suci ini. Sebenarnya banyak hikmah yang bisa kita ambil dari adanya pandemi ini, salah satunya kita punya lebih banyak waktu buat berkumpul sama keluarga yang ada dirumah, yang mungkin kesempatan ini tidak pernah kita rasakan di Ramadan tahun-tahun sebelumnya. Nah, semoga beberapa tips diatas bisa membantu teman-teman untuk tetap menikmati di bulan Ramadan kali ini yaa, semangat puasanya dan jangan sampai bolong-bolong! Okay?


Kontributor:

Aqlis Muqorobin

Adila Syifa Hartanti Damanik

Related Post

Back to Top

Cari Artikel