menu melayang

Selasa, 20 April 2021

Koperasi Mahasiswa PKN STAN


Koperasi Mahasiswa PKN STAN merupakan satu-satunya organisasi di Politeknik Keuangan Negara STAN yang bergerak di bidang kewirausahaan berbasis kekeluargaan. Koperasi Mahasiswa PKN STAN berdiri tanggal 15 Februari 2021. Koperasi Mahasiswa PKN STAN bertujuan mengembangkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan kemajuan wilayah kerja pada umumnya, dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Ciri khas dari Koperasi Mahasiswa PKN STAN terletak pada penyelenggaraan manajemennya yang berasaskan kegotongroyongan dan adanya usaha bersama yang dilakukan melalui: 

  1. mewajibkan dan menggiatkan anggota untuk menyimpan pada koperasi secara teratur, 
  2. usaha jual beli kebutuhan mahasiswa,
  3. usaha jasa,
  4. memberikan pendidikan kepada anggota tentang perkoperasian dan kewirausahaan, usaha lain yang bermanfaat bagi anggota yang ditetapkan pengurus dan diketahui oleh anggota koperasi.

Visi  : Visi Koperasi adalah menjadi organisasi yang mampu menciptakan SDM kompeten dan berdaya saing tinggi melalui pembentukan karakter, membangun kesejahteraan anggota dan masyarakat yang berbasis teknologi, serta menstimulus   perkembangan   koperasi   dalam tatanan perekonomian nasional sesuai prinsip dan nilai-nilai Koperasi. 

Misi : 

Misi Koperasi adalah:  

  1. Menciptakan kepengurusan koperasi yang memacu kinerja SDM dengan melakukan pengembangan karakter yang berkelanjutan.
  2. Menjalankan kegiatan unit usaha yang menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.
  3. Menunjukkan sikap pelayanan yang berdedikasi sesuai asas kekeluargaan.
  4. Memanfaatkan teknologi terkini dalam memajukan dan memperluas daerah kerja.
  5. Melakukan penguatan dan pengendalian internal berbasis sistem informasi 

Struktur Organisasi :

Struktur organisasi Koperasi terdiri dari : 

  1. Rapat Anggota;
  2. Dewan Penasihat;
  3. Badan Pengawas;
  4. Pengurus Koperasi :

a.       Badan Pengurus Harian 

b.       Tim Administrasi Umum 

c.       Tim Pemasaran 

d.       Tim Produksi 

e.       Tim Hubungan Masyarakat 

f.        Tim Pengembangan Sumber Daya Anggota

Kegiatan :

1.       Open Recruitment 

Open Recruitment merupakan kegiatan yang dijalankan oleh PSDA untuk melakukan regenerasi dan menemukan bibit-bibit unggul yang akan membangun dan menjalankan tugas-tugas Koperasi Mahasiswa PKN STAN. 

2.       Incrementum KOPMA (First Gathering Pengurus Kopma) 

Incrementum berarti benih atau tumbuh. Momen dimana seluruh Pengurus Kopma berkumpul untuk pertama kalinya dalam satu tempat yang sama. Dimana pada kegiatan ini, seluruh pengurus dapat diibaratkan sebagai benih yang membawa harapan besar bagi Kopma ke depannya. 

3.       Rapat Kerja Koperasi Mahasiswa PKN STAN 

Rapat Kerja merupakan kegiatan dimana setiap bidang menyampaikan dan mensosialisasikan usulan Program Kerja yang telah dibuat untuk dilakukan evaluasi oleh seluruh Pengurus Kopma. 

4.       Upgrading 

Upgrading Kopma merupakan sistem kaderisasi yang dilakukan PSDA untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan seluruh pengurus Kopma melalui 3 kegiatan utama yaitu Sekolah Kopma, Rapor Evaluasi, dan Award. 

a.       Sekolah Kopma 

b.       Rapor Evaluasi 

c.       Award 

5.       Forum Kopma 

Forum Kopma merupakan kegiatan dimana setiap anggota Kopma dapat menuangkan pikirannya, melakukan evaluasi, melakukan diskusi bersama, atau kegiatan sharing antar bidang. Kegiatan ini bersifat kondisional. 

(Akan dibuat form dimana semua anggota dapat mengisi mengenai hal yang disampaikan, baik itu berupa cerita, masukan, atau lainnya.) 

6.       Study Banding 

Study Banding merupakan kegiatan dimana Pengurus Kopma melakukan kunjungan ke Kopma lain untuk mempelajari hal-hal yang berbeda yang dianggap dapat memberikan inspirasi dan motivasi dalam memajukan dan meningkatkan kualitas Kopma PKN STAN. 

Dilakukan dengan saling menukar informasi dalam hal prestasi dan kegiatan yang dilakukan kedua belah pihak. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan dampak dan kesan yang baik kepada kedua belah pihak untuk menjaga kelangsungan relasi tersebut. 

7.       Penyediaan Barang dan Jasa 

Menyediakan barang dan jasa orisinil buatan sendiri yang berkualitas dan terjangkau bagi mahasiswa pada umumnya. Barang dapat berupa alat tulis kantor, buku, atribut pakaian, dan merchandise yang dibutuhkan dan diinginkan mahasiswa. 

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan anggota Kopma dapat memperoleh barang dan jasa serta bagi pengurusnya sendiri dapat meningkatkan kemampuannya dalam bidang penjualan, pemasaran, dan branding. 

8.       Sudut Kopma, Webinar Kopma, dan Bincang Kopma 

Tiga kegiatan utama Tim Hubungan Masyarakat ini bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa dalam perkoperasian. Sudut Kopma adalah bentuk artikel yang akan dirilis secara reguler di berbagai medial sosial resmi Kopma terkait informasi dan opini yang memberikan pandangan baru bagi pembacanya terkait dunia koperasi. Webinar Kopma adalah wujud interaksi dua arah dari sudut Kopma. Mengundang berbagai narasumber kompeten yang terkenal di bidangnya untuk memberikan ilmu baru bagi para pesertanya. Bincang Kopma adalah versi informal dari webinar Kopma. Obrolan santai sore dengan pengurus Kopma di instagram live untuk mengetahui pengalaman apa yang didapatkan mahasiswa ketika bergabung di Kopm

Media sosial yang digunakan oleh Koperasi Mahasiswa PKN STAN antara lain :

Email           : kopmas@pknstan.ac.id 
Instagram     :@kopmapknstan  (instagram.com/kopmapknstan) 
Twitter         : @kopmapknstan  (twitter.com/kopmapknstan)

Related Post

Back to Top

Cari Artikel