menu melayang

Kamis, 22 April 2021

TEATER ALIR




 Teater Alir merupakan wadah untuk segala jenis seni pertunjukan, mulai dari teater, puisi, musik, dan tari. Hal ini lah yang kemudian menjadikan insan-insan Teater Alir berperan besar dalam melahirkan elemen-elemen kampus lainnya, seperti SCENE, Aksara, dan We Are Dancing Here. Teater Alir didirikan pada tahun 1998. Dinamakan Teater ‘Alir’ dengan harapan teater ini akan terus mengAlir tanpa batas bersama karya-karya luar biasa dari mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN.

 Teater Alir memiliki tujuan yaitu dapat menjadi tempat mahasiswa-mahasiswi Politeknik Keuangan Negara STAN dalam menuangkan ide dan mengaplikasikannya dalam bentuk karya yang kemudian ditunjukkan melalui pementasan agar dapat dinikmati oleh seluruh civitas akademika Politeknik Keuangan Negara STAN. Sesuai bidangnya yaitu teater, Teater Alir akan melatih, mengembangkan, dan menampilkan berbagai seni pertunjukkan seperti seni teater/drama, musikalisasi, bahkan tari. Di balik itu, ada serangkaian kegiatan di belakang panggung yang penting untuk menunjang penampilan teater. Bedah naskah, make up, latihan vokal, mimik & gestur, blocking, lighting, dan casting adalah bagian penting dari balik layer untuk memberikan penampilan terbaik dari Teater Alir.

 UKM ini kini beranggotakan sebanyak 15 orang inti. Dimana didalamnya termasuk seorang ketua dan wakil ketua, sekretaris, dan bendahara. Selain itu, ada pula struktur organisasi Teater Alir, yaitu sebagai berikut :
1.       Bidang Pengembangan dan Potensi
2.       Bidang DKV
3.       Bidang Artistik dan Kosmetik
4.       Bidang Logistik
5.       Bidang Humas
6.       Bidang Funship
Selain bidang yang telah disebutkan diatas, Teater Alir juga memiliki Anggota aktif, yang sekarang berjumlah 5 orang. 

 Teater Alir memiliki kegiatan yang rutin dilakukan bersama. Adapun kegiatan-kegiatan rutin yang dimaksud adalah sebagai berikut.

 1.       Latihan Rutin 
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan anggota teater Alir dalam seni peran. Latihan rutin ini dilaksanakan seminggu sekali yaitu hari Minggu sore pukul 16:00 sampai 17.30. Saat perkuliahan offline, latihan rutin diawali dengan olah vokal, lari mengeliling SC Tiben, olah raga dan olah rasa. Namun, saat perkuliahan online, latihan rutin dilakukan melalui video conference. Setiap pertemuan memiliki materi yang berbeda seperti latihan mimik dan gestur, blocking, make up, dan tata panggung.

2.       SENDAL (Semalaman dengan Alir)
Kegiatan penyambutan anggota baru Teater Alir berupa kegiatan outdoor dengan memberikan pengetahuan dasar seni teater.

3.       PENTAKEL (Pentas Kenal Alir)
Kegiatan ini yang merupakan wadah bagi anggota baru Teater Alir untuk membuat pementasan secara mandiri sekaligus menguji dan memberi pengalaman kepada anggota baru untuk membuat pementasan teater. Kegiatan dimulai dengan pemilihan koordinator pelaksana dan pembentukan panitia yang berasal dari seluruh anggotga baru Teater Alir. Seluruh anggota Teater Alir melakukan brainstorming dan pemilihan naskah dan mengajukan naskah kepada penanggung jawab dari tingkat dua. Setelah itu, dilakukan proses latihan dengan dan pembuatan property bersama dengan tujuan menghasilkan pementasan teater yang layak untuk ditonton.

4.       BULIR (Buka Bersama Alir)
Acara buka bersama Seluruh anggota teater Alir setiap bulan ramadan

 5.      PENTUNG (Pentas Tunggal)
Salah satu event terbesar dari Teater Alir dan rutin dilakukan setiap tahun. Biasanya diadakan pada awal Desember. Pentas ini mengusung tema yang extraordinary dan sarat akan makna. PENTUNG menggerakan seluruh SDM Teater Alir untuk mementaskan sebuah naskah pilihan yang berbeda tiap tahunnya. Kegiatan dimulai dengan melakukan brainstorming tema dan open recruitment panita dan pemain. Setelah itu, dilakukan proses latihan secara rutin dan pembuatan propertI bersama dengan tujuan untuk menghasilkan pementasan teater yang layak untuk ditonton.

 6.      PERKUTUT (Pemilihan Raya Ketua Alir)
Kegiatan tahunan dalam rangka regenerasi Ketua Teater Alir periode berikutnya dengan cara musyawarah bersama seluruh anggota Teater Alir. Kegiatan dilaksankan pukul 16.00 hingga 18.00. PERKUTUT diawali dengan penyaluran aspirasi dari seluruh anggota Teater Alir tentang harapan Teater Alir kedepannya dan penentuan calon ketua periode berikutnya. Kemudian pemilihan ketua diawali dengan penyampaian visi dan misi dan diakhiri dengan musyawarah bersama.

 7.      PETIR (Pentas Terakhir)
Teater Alir mementaskan Pentas Terakhir (PETIR) bagi anggota Teater Alir. PETIR memberikan wadah bagi anggota teater alir untuk memberikan persembahan terakhir dalam bentuk pementasan teater. Pentas ini dilakukan oleh anggota Teater Alir tingkat akhir sebagai bentuk perpisahan dan kenangan di Teater Alir.

 Bukan hanya melaksanakan kegiatan rutin, Teater Alir juga memiliki beberapa kegiatan khusus seperti Halloween Night Party, kegiatan ini khusus dilaksanakan secara online di masa pandemic sebagai pengganti dari kegiatan SENDAL. Dan salah satu kegiatan khusus yang dilakukan Teater Alir adalah Alir Bercerita. Kegiatan ini juga mulai dilakukan sejak masa pandemi COVID 19 sebagai penggant kegiatan PENTUNG.
 
 Teater Alir juga kerap tampil rutin setiap tahunnya di beberapa event di PKN STAN, seperti di event BEM CUP, DIESNATALIS PKN STAN, DINAMIKA PKN STAN, dan Perayaan Natal PKN STAN. Teater Alir juga pernah tampil sebagai pengisi acara di event Wisuda PKN STAN (2019), Reuni Akbar & Kongres IKANAS STAN (2019), dan Malam Pancasila (2019). 

 Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi beberapa akun media social Teater Alir dibawah ini.
 Instagram    : @teateralir.stan
Line            : @iaa0577e
E-mail        : teateralirstan@gmail.com


Related Post

Back to Top

Cari Artikel