menu melayang

Senin, 26 Juli 2021

CANON PKN STAN



Sejarah Dan Latar Belakang Pendirian Elemen Kampus

Kegiatan ini dilatarbelakangi atas kesadaran bahwa perlunya menemukan anggota maupun luar anggota yang memiliki kemampuan atau keterampilan khususnya dibidang bulutangkis yang nantinya akan berlatih Bersama untuk mengikuti kejuaraan bulutangkis mewakili PKN STAN. CANON merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa PKN STAN yang berfungsi sebagai wadah penyaluran minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga khususnya bulutangkis. Bulutangkis merupakan suatu olahraga yang dimainkan menggunakan raket dan shuttlecock yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang saling berlawanan. Dalam elkam ini, diajarkan teknik-teknik bermain bulutangkis yang benar, melatih fisik anggota agar tetap sehat, dan meningkatkan kualitas bermain dari para anggota.


Tujuan Dan Manfaat Elemen Kampus

  1. Menjadi wadah bagi mahasiswa PKN STAN untuk menyalurkan minat bakat dalam bidang olahraga khususnya bulutangkis.

  2. Menjalin tali silaturahmi antar mahasiswa baik dalam latihan rutin maupun pertandingan–pertandingan.

  3. Membentuk jiwa dan jasmani yang sehat bagi mahasiswa PKN STAN.

  4. Meningkatkan kualitas bermain bulutangkis hingga dapat berprestasi di kancah nasional.





VISI

Menjadi UKM yang mewadahi dan mengembangkan minat, dan kemampuan khusus mahasiswa di bidang bulutangkis dalam rangka mewujudkan mahasiswa yang sehat jasmani dan rohani sehingga mampu beprestasi baik di kancah nasional.

MISI

  1. Sebagai wadah pembinaan dan pelatihan yang baik dalam hal bulutangkis dan segala aspeknya bagi mahasiswa PKN STAN.

  2. Mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa sehingga dapat meningkatkan mutu pribadi dalam pengembangan diri.

  3. Meningkatkan kemampuan berinteraksi satu sama lain dalam organisasi yang diharapkan dapat berguna dalam dunia kerja.

  4. Menyelenggarakan dan mengikuti berbagai kegiatan atau kompetisi bulutangkis baik ditingkat lokal maupun nasional.


Struktur Organisasi

  1. Ketua

  2. Wakil Ketua

  3. Sekretaris

  4. Bendahara

  5. Bidang Fundship

  6. Bidang Humas


Kegiatan Rutin

  1. Latihan Rutin : Kegiatan latihan rutin merupakan program kerja dari Bidang Pendidikan dan Pelatihan (P2). Latihan rutin dibagi menjadi 3 Grup sesuai kemampuannya, yakni Grup X, Grup Y, dan Grup Z, yang dimana setiap grup memiliki jadwal latihan rutin selama 2 jam dalam 1 minggu. Selain 3 grup tersebut, terdapat Grup V yang anggotanya merupakan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Tujuan dibentuknya grup V ini adalah untuk mempersiapkan pemain yang nantinya akan mewakili PKN STAN diajang perlombaan. Grup V tidak memiliki jadwal tetap, latihan rutin diadakan sesuai kesepakatan anggota. 

  2. Grouping Anggota : Grouping adalah kegiatan yang dilaksanakan UKM CANON untuk membentuk kelompok dari anggota agar bisa berlatih sesuai jadwal dan bisa lebih terorganisir pengaturannya.

  3. Elkamfest : Elkamfest adalah kegiatan promosi yang dilakukan BK/UKM untuk memberi informasi dan menarik minat mahasiswa untuk bergabung. perlunya mengenalkan UKM CANON kepada orang lain/mahasiswa sehingga menarik mahasiswa dengan kemampun ataupun minat di bidang bulutangkis untuk bergabung atau sekedar mendapatkan pengetahuan lebih jauh terkait UKM CANON.


Kegiatan Khusus

  1. Canon Cup : CANON CUP merupakan bentuk lomba Badminton terbuka yang biasa diikuti oleh seluruh mahasiswa PKN STAN. Diadakan dengan system match dengan mempertandingkan pemenang-pemenang dari setiap babak sampai ditemukan 3 peserta/ team terbaik. 

  2. Sparring (Persahabatan) : Sparring Partner atau persahabatan merupakan program kerja yang dilakukan minimal 1 kali dalam 1 semester. Persahabatan dilakukan dengan kampus lain, yang dimana pelaksanaannya bisa berada dikampus PKN STAN maupun dikampus sahabat.

  3. Pengiriman Atlet Berprestasi Pada kegiatan ini Elkam CANON akan mengikutsertakan anggota yang terpilih ke berbagai turnamen dan kejuaraan bergengsi, seperti Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) maupun pertandingan lainnya. OPTK adalah suatu event antar perguruan tinggi kedinasan dibawah Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI), dimana event ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan secara bergilir di beberapa perguruan tinggi kedinasan di seluruh Indonesia. Program ini sangat penting untuk mengukur kemampuan atlet dan mengukir prestasi tertinggi bagi almamater PKN STAN.


Prestasi

  1. Juara I (Medali Emas) Ganda Campuran OPTK tahun 2020

  2. Juara 2 (Medali Perak) Tunggal Putri OPTK tahun 2020

  3. Juara 2 (Medali Perak) Tunggal Putri OPTK tahun  2018


Kondisi Dan Kegiatan Elemen Kampus Di Masa Pandemi

Pada saat pandemic ini, kegiatan UKM Canon sangat terkendala karena terdapat jarak antar mahasiswa yang tergabung sebagai anggota UKM ini. Maka dari itu, kegiatan yang dilakukan hanya berlatih di rumah masing-masing untuk tetap menjaga kesehatan. Karena pandemi ini, kegiatan olahraga di luar yang berkerumun juga tidak disarankan karena dapat menyebabkan penularan virus. Kegiatan rutin seperti latihan rutin tentunya tidak dapat terlaksana, begitu juga dengan acara Canon Cup yang sudah disiapkan dengan matang tidak dapat terlaksana.



Media Sosial : 

  1. Line : @trx6364g

  2. Instagram : @ukmcanon

Related Post

Back to Top

Cari Artikel