menu melayang

Rabu, 07 Juli 2021

Dies Natalis 6 PKN STAN Badra Kala: Sa-Caraka Anjali Bendara Nata


Pada 15 Juli 2021 nanti, PKN STAN genap berulang tahun yang ke-6. Dies Natalis merupakan acara tahunan yang diselenggarakan dalam rangka merayakan ulang tahun kampus PKN STAN. Acara Dies Natalis PKN STAN tahun ini tidak berkolaborasi lagi dengan pekan mahasiswa seperti pada tahun sebelumnya, sehingga acara kali ini spesial untuk dies natalis saja. Tema yang diangkat pada dies natalis tahun ini adalah “Badra Kala: Sa-Caraka Anjali Bendara Nata”. Tema ini berarti “Ditengah Cahaya Bulan: Pengembaraan terhormat seorang penggawa keuangan negara”. Di peringatan hari jadi yang ke-6, dies natalis menghidupkan imajinasi dengan menunjukkan potensi dan bakat mahasiswa sebagai interpretasinya. Serta bentuk semangat dan pengingat bahwa mahasiswa PKN STAN dan lulusannya merupakan ujung tombak pengelola keuangan negara Indonesia dalam segala kondisi. Seperti dies natalis tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali rangkaian acara dan kegiatan untuk memeriahkan dies natalis ini mulai dari lomba, webinar, talkshow, sidang senat & orasi ilmiah, serta pertunjukan seni pada upacara pembukaan dan penutupan. Walaupun puncak acara dies natalis ke-6 masih dilaksanakan bulan Juli, namun suasana meriahnya dies natalis sudah terasa sejak bulan Juni. Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan sosial masih dibatasi, sehingga peringatan dies natalis 2021 dilaksanakan secara daring. 

Acara lomba terdiri dari tiga kelompok yaitu academic competition, art competition, dan sport competition. Untuk academic competition terdiri dari beberapa lomba yaitu Focus Group Discussion X Essay, lomba karya tulis ilmiah, STAN Model United Nations (MUN), dan the oracle games (mini games dunia investasi). Untuk art competition sendiri terdiri dari lomba virtual stage bandgroup (Vagaband), visual space competition (VSCO), mix dance competition (Mancion), poetry performance, Senandung in Stan, dan PKN STAN’s Got talent. Mata acara lomba Art competition juga dihadiri oleh juri-juri yang sudah berkompeten di bidangnya. Peserta acara sport competition memiliki antusias cukup tinggi karena memang yang diperlombakan adalah kebiasaan anak-anak muda zaman sekarang diantaranya mobile legend, PUBG mobile. Selain kedua lomba itu, terdapat lomba yang lain seperti strumble guys, gartic.io, catur, dan virtual run. Semua rangakain acara lomba tersebut sudah dibuka pendaftarannya sejak pertengahan bulan Juni dan akan dimulai sekitar minggu kedua bulan Juli.

Selain lomba-lomba seru yang sudah disebutkan diatas, terdapat juga acara-acara yang tak kalah seru lainnya yaitu opening dan closing ceremony, dies natalis special talkshow, sidang senat dan orasi ilmiah, serta acara puncak yang dihadiri oleh Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani. Selain itu, tidak ketinggalan juga webinar-webinar yang akan memeriahkan acara Dies Natalis PKN STAN 6 diantaranya adalah webinar saham, webinar KTI, webinar MUN X Awarding, dan juga webinar e-sport dengan narasumber-narasumber yang sudah pasti menarik dan berpengalaman di bidangnya. Acara-acara tersebut diawali dengan opening ceremony pada hari Sabtu tanggal 10 Juli 2021 dan ditutup dengan closing ceremony pada hari Sabtu tanggal 17 Juli 2021. Sasaran untuk seluruh kegiatan diatas adalah mahasiswa PKN STAN, untuk seluruh civitas akademika PKN STAN, alumni, dan masyarakat umum hanya terbatas pada mata acara tertentu.

Walaupun PKN STAN masih tergolong muda sebagai kampus keuangan negara yang ada di Indonesia, dies natalis ke-6 PKN STAN hendaknya sudah menjadi pengingat bahwa tantangan kedepan itu semakin tidak menentu, sehingga PKN STAN harus terus menjadi yang lebih baik melalui The New PKN STAN.

Kontributor: Aqlis Muqorobin & Siti Mega

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel