menu melayang

Minggu, 18 Juli 2021

Perlukah Kita Pilih-Pilih Vaksin?

Sumber: pikiran-rakyar.com
 

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia kendatinya telah dilakukan oleh pemerintah Indoenesia sejak awal Januari lalu, tepatnya pada tanggal 13 Januari 2021. Program vaksinasi ini diperkirakan akan berjalan selama 15 bulan dalam dua periode yang berlangsung hingga Maret 2022.

Periode pertama sudah selesai dilakukan pada April lalu dengan memprioritaskan tenaga kesehatan, petugas publik serta lansia untuk mendapatkan vaksin.. Periode kedua tengah berlangsung saat ini, dimulai sejak April hingga Maret 2022. Pada periode kedua ini, pemberian vaksin ditujukan untuk menjangkau jumlah masyarakat hingga 181,5 juta orang agar mencapai kekebalan komunitas (herd immunity).

Saat ini telah terdapat berbagai jenis vaksin yang diteliti dan diproduksi oleh negara-negara di seluruh penjuru dunia, namun tidak semua vaksin tersebut dapat diberikan kepada masyarakat di Indonesia karena beberapa alasan tertentu.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/ Menkes/12758/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19, Pemerintah telah menetapkan tujuh jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia.

Adapun jenis-jenis vaksin tersebut antara lain:  

1. Sinovac

Vaksin ini merupakan vaksin yang berasal dari negara Tiongkok. Vaksin jenis ini adalah vaksin corona pertama yang digunakan di Indonesia. Presiden Indonesia juga diklaim telah menggunakan vaksin jenis ini. Vaksin ini dibuat dengan virus SARS-CoV-2 yang telah dimatikan yang kemudian akan membentuk kekebalan tubuh terhadap virus corona.

2.      AstraZeneca

Vaksin ini merupakan jenis vaksin yang juga diterapkan di Indonesia. Vaksin ini dikembangkan oleh para peneliti di University of Oxford dan AstraZeneca dari Inggris. Meskipun banyak menuai pro dan kontra, vaksin ini dinyatakan aman dalam penggunaannya oleh Pemerintah Indonesia sehingga pada 10 Juni 2021, Indonesia telah menerima 1,5 juta dosis tambahan vaksin AstraZeneca.

3.      Sinopharm

Vaksin ini merupakan jenis vaksin yang juga dikembangkan oleh negara Tiongkok. Vaksin ini juga merupakan salah satu jenis vaksin yang akan digunakan Indonesia nantinya. Sama seperti vaksin Sinovac, vaksin ini mengandung virus yang dimatikan sehingga nantinya akan memicu kekebalan tubuh terhadap virus.

4.      Moderna

Moderna merupakan vaksin buatan Amerika Serikat yang terbuat dari bahan dasar RNA atau mRNA. Vaksin ini nantinya akan digunakan di Indonesia bersama vaksin Sinopharm dalam rangka program vaksin di Indonesia.

5.      Pfizer

Vaksin ini dibuat oleh Amerika Serikat dengan kandungan bahan dasar RNA atau mRNA. Untuk vaksin ini diketahui memiliki efikasi atau efek perlindungan terhadap COVID-19 sebesar 95% di beberapa negara.

6.      Merah Putih - Bio Farma

Seperti namanya, vaksin ini diproduksi di dalam negeri dan dibuat oleh PT Bio Farma. Vaksin ini dibuat dengan bahan baku atau bulk yang didatangkan dari Sinovac, Beijing, China. Sehingga vaksin ini hampir sama dengan vaksin Sinovac, baik kandungan, profil, mutu, khasiat dan keamanannya.

7.      Novavax

Vaksin Novavax atau NVX-CoV2372 adalah vaksin yang diproduksi oleh perusahaan bioteknologi bernama Novavax di Amerika Serikat. Vaksin ini mengandung protein subunit yang dibuat khusus menyerupai protein alami pada virus Corona. Sehingga setelah disuntikkan ke dalam tubuh, protein tersebut akan memicu tubuh menghasilkan antibodi untuk melawan virus Corona.


Semua jenis vaksin tersebut sejatinya sangat aman dan efektif karena telah melewati rangkaian proses uji klinis hingga fase ke-III. Sehingga pemerintah Indonesia menjamin bahwa vaksin-vaksin ini layak digunakan meskipun akan menimbulkan beberapa efek samping.

Pemerintah Indonesia juga menegaskan agar masyarakat Indonesia jangan khawatir dalam memilih vaksin apa yang akan disuntikkan kepada mereka sebab pemerintah menjamin vaksin ini merupakan vaksin terbaik dan telah teruji keamanannya.

“Masyarakat jangan pilih-pilih vaksin sebab vaksin yang diberikan pemerintah adalah vaksin terbaik dan berkhasiat atau mempunyai dampak melindungi dan menyelamatkan nyawa” ujar Budi Gunadi, Menteri Kesehatan Indonesia, dikutip dari siaran pers Kemenkes, Rabu (2/6/2021).

Untuk itu, kita tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai jenis vaksin yang ada dan segera melakukan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Sebab semua jenis vaksin yang ada di Indonesia dipastikan telah melalui uji klinis, keamanan, maupun efikasi sehingga baik untuk digunakan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Meski nanti sudah melakukan vaksinasi, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan yaa.

Referensi

Nugraheny, Dian Erika. 2021. Menkes: Masyarakat Jangan Pilih-pilih Vaksin, yang Diberikan Pemerintah Sudah Teruji. Diakses dari Kompas

Aeni, Siti Nur. 2021. 7 Jenis Vaksin Covid-19 yang Ditetapkan oleh Menkes. Diakses dari Katadata


Penulis : Andre Aditya Manalu dan Galih Bayu

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel