menu melayang

Senin, 26 Juli 2021

PKN STAN Chess Club



PKN STAN Chess Club merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di PKN STAN. PKN STAN Chess Club menjadi wadah bagi mahasiswa PKN STAN yang memiliki minat dan bakat dalam olahraga catur. Catur merupakan salah satu olahraga psikis atau olahraga otak yang mengindikasikan latihan untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Baik dari segi berpikir strategi maupun tingkat kesabaran pemain. Ada pula memancing yang menstimulasi tingkat kesabaran juga adrenalin para peminatnya. Bermain catur membutuhkan latihan yang sering dan berkala. Pemain catur yang handal butuh waktu yang lama untuk belajar langkah-langkah bermain catur. Catur merupakan permainan yang butuh teknik proyeksi langkah ke depan. Pemain catur harus bisa memproyeksikan langkah yang akan terjadi setelah dia mengambil satu langkah. Menimbang bahwa dari ribuan masyarakat kalangan kampus Politeknik Keuangan Negara STAN, perlu diketahui bahwa catur merupakan salah satu olahraga yang peminatnya tidak sedikit, ditengah marakanya kegiatan perlombaan ataupun pertandingan baik diadakan di lingkungan kampus maupun di luar lingkungan kampus. Untuk itu, diperlukan adanya kegiatan internal yang menjadi tumpuan bagi mereka yang menyenangi dunia kompetisi dan ingin mempelajari seni olahraga catur.


Tujuan Dan Manfaat Elemen Kampus

Menjadi wadah bagi mahasiswa PKN STAN yang memiliki dan menyalurkan minat dan bakat dalam olahraga catur. 


VISI

Memberdayakan minat dan bakat mahasiswa PKN STAN dan menjadi fasilitator dalam mengembangkan olahraga catur di kampus PKN STAN.

MISI

1. Menjadi wadah Mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakat terhadap Olahraga Catur;

2. Membina Mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam Olahraga Catur;

3. Meningkatkan prestasi demi mengharumkan nama Politeknik Keuangan Negara STAN dalam Olahraga Catur; dan Menumbuhkan jiwa sportivitas dan profesionalisme anggota, serta melakukan pengabdian dengan memasyarakatkan Olahraga Catur.


STRUKTUR ORGANISASI

  1. Ketua 

  2. Wakil Ketua

  3. Sekretaris 1

  4. Sekretaris 2

  5. Bendahara 1

  6. Bendahara 2

  7. PPSDM

  8. Huminfokom

  9. Logistik


KEGIATAN RUTIN

  1. Latihan Rutin: Latihan rutin disediakan sebagai wadah anggota untuk berinteraksi serta membangun rasa kekeluargaan. Selain itu juga sebagai wadah untuk sharing pengetahuan permainan catur antar anggota UKM.

  2. Monthly Tournament: Kegiatan ini dilakukan untuk mewadahi anggota ukm dan menjadi sarana bagi anggota untuk bermain secara kompetitif dan memperkenalkan hal-hal terkait turnamen resmi kepada anggota. Menjaga atmosfer turnamen kompetitif untuk menjaga performa dengan sebisa mungkin seperti event turnamen sebenarnya.


KEGIATAN KHUSUS

  1. Seleksi OPTK : Adanya Olimpiade antar perguruan tinggi kedinasan menjadi salah satu ajang untuk mengembangkan potensi dan juga mengharumkan nama almamater PKN STAN. 

  2. Turnamen Catur Nasional BISHOP : PKN STAN Chess Club juga menjadi wadah bagi pemain catur dari berbagai daerah untuk melakukan latihan bersama serta saling sharing pengalaman, melatih berorganisasi, menambah kenalan baru serta menyambung tali silaturahmi. Tidak hanya di PKN STAN saja, banyak perguruan tinggi lainnya baik negeri, swasta maupun kedinasan juga memiliki UKM catur di kampusnya. Oleh karena itu, kami berencana untuk mengadakan perlombaan catur Nasional yang bernama Brilliant National Chess Campionship (BISHOP) sebagai wadah untuk melatih dan mengembangkan kemampuan catur yang dimiliki setiap perguruan tinggi. Brilliant National Chess Championship atau yang dapat disingkat sebagai BISHOP adalah sebuah turnamen catur tingkat Nasional yang diselenggarakan terbuka untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Negeri Swasta dan Perguruan Tinggi Kedinasan se-Indonesia.

  3. Turnamen Luar Kampus PSCC : mengikuti turnamen di luar kampus sebagai salah satu ajang untuk mengasah potensi anggota. Selain itu kesempatan ini digunakan untuk menjalin relasi dengan pecatur lainnya khususnya mahasiswa dari perguruan tinggi.


PRESTASI

  1. OPTK 2020 memperoleh Medali Perak (Tunggal Putra)

  2. OPTK 2020 memperoleh Medali Perunggu (Tunggal Putri)

  3. OPTK 2020 memperoleh Medali Perunggu (Beregu)

Kondisi Dan Kegiatan Elemen Kampus Di Masa Pandemi

Selama masa pandemi, PKN STAN Chess Club (PSCC) masih dapat menjalankan kegiatan dengan baik. Hal ini dikarenakan catur merupakan olahraga yang fleksibel, bahkan sudah banyak platform online maupun aplikasi yang dapat digunakan untuk bermain catur. Kemudahan ini membuat kegiatan rutin dalam PSCC berupa Latihan rutin dan monthly tournament sejauh ini dapat dilaksanakan dengan baik, walaupun masih terdapat beberapa tantangan.

Kegiatan Latihan Rutin dilaksanakan setiap minggunya, sedangkan monthly tournament dilaksanakan setiap bulannya. Peserta kegiatan pada umumnya adalah anggota PKN STAN Chess Club, namun tidak menutup kemungkinan mahasiswa PKN STAN aktif dapat turut serta untuk meramaikan kegiatan. Kegiatan dalam Latihan Rutin adalah sparing antar peserta. Sedangkan untuk monthly tournament, peserta bertanding untuk memperoleh poin terbanyak. Peserta yang memiliki poin terbanyak dinyatakan sebagai pemenang dan akan mendapatkan hadiah.


Pada masa kepengurusan 2018/2019, PKN STAN Chess Club berhasil meraih berbagai prestasi sebagai berikut.

1. Mendali Emas Beregu Putra nomor Catur Kilat POMDA Banten
2. Mendali Emas Beregu Putra nomor Catur Cepat POMDA Banten
3. Mendali Perak Beregu Putra nomor Catur Klasik POMDA Banten
4. Juara V Beregu Putra Turnamen Catur Mahasiswa Nasional PNJ 2019
5. Juara V Beregu Putra Turnamen Catur Mahasiswa Nasional PNJ 2018
6. Juara V Individu Putra Turnamen Catur Mahasiswa Nasional PNJ 2018
7. Mendali Emas OPTK 2019 beregu putra
8. Mendali Emas OPTK 2019 tunggal putri
9. Mendali Perak OPTK 2019 tunggal Putra

Untuk mendapatkan info lebih lanjut seputar PSCC, hubungi akun media sosial PSCC:
  1. Line: UKM Catur PKN STAN

  2. Instagram: @pknstancc

  3. Surat Elektronik: pknstancc@gmail.com

Related Post

Back to Top

Cari Artikel