menu melayang

Rabu, 28 Agustus 2019

Komunitas Studi Pasar Modal



Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) PKN STAN adalah elemen kampus yang bertujuan mengenalkan pasar modal dan saham kepada mahasiswa. Sebelum ditetapkan menjadi elkam pada tahun 2018, KSPM PKN STAN adalah komunitas tidak resmi dari para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat pada investasi saham. Semula hanya beranggotakan puluhan mahasiswa, kini KSPM PKN STAN telah menjadi komunitas besar yang menampung sekitar 700 mahasiswa.

KSPM PKN STAN memiliki berbagai program kerja, yaitu:

1. Private Class dan Sekolah Pasar Modal (SPM)
   Private Class dan SPM sama-sama merupakan kelas edukasi saham yang terbuka untuk seluruh mahasiswa PKN STAN. Bedanya, Private Class terdiri dari 6-12 orang, sedangkan SPM terdiri dari 40-50 orang per kelas. Materi dalam kelas ini adalah fundamental analysis (menganalisis perusahaan yang bagus untuk investasi saham) dan technical analysis (menganalisis waktu yang tepat untuk melakukan investasi saham). Anggota senior KSPM biasanya mengajar kelas ini, terkadang mendatangkan analis sekuritas berpengalaman.

2. Pembukaan akun Rekening Dana Investor (RDI) massal
    KSPM memfasilitasi mahasiswa yang ingin memulai transaksi saham dengan membuka akun RDI secara massal melalui sekuritas (broker) seperti IndoPremier, Kresna, dan yang terbaru KSPM menunjuk MNC Sekuritas sebagai partner mereka.

3. Lomba trading
   Lomba ini terbuka untuk seluruh mahasiswa PKN STAN tanpa dipungut biaya pendaftaran. Para mahasiswa yang mengikuti lomba ini memasukkan saldo awal dengan uang mereka sesuai kemampuan masing-masing, sehingga untuk menentukan juaranya menggunakan metode RoE (Return of Equity) yaitu dengan melihat persentase pertambahan saldo akhir dari saldo awal.

KSPM PKN STAN sudah pernah mengikuti perlombaan tingkat nasional dan hasilnya cukup memuaskan. Tahun ini, delegasi KSPM PKN STAN berhasil meraih peringkat 8 dari 200 kelompok yang mengikuti lomba online trading yang diadakan oleh CNBC Indonesia untuk umum. Bahkan beberapa anggota KSPM PKN STAN ada yang memiliki saham sampai ratusan juta dan berbagai saham perusahaan ternama seperti Unilever, Gudang Garam, BCA, Garuda Indonesia, dll.'

KSPM memiliki akun media sosial, antara lain:
Instagram        : @kspm.pknstan
Line                 : @ywj2607t
Email               : kspm.pknstan@gmail.com
CP                   : 082273016846 (Ahmad Sidik)

Related Post

Back to Top

Cari Artikel