menu melayang

Rabu, 28 Agustus 2019

STAPALA



STAPALA adalah kelompok pecinta alam di lingkungan PKN STAN yang bergerak di bidang alam, kebudayaan, dan sosial yang didirikan pada tanggal 24 November 1979, ditandai dengan Musyawarah anggota dan pelantikan Badan Pengurus Harian pertama di Gunung Pangrango. STAPALA ditetapkan sebagai badan otonom terakhir oleh Ketua BLM dengan Tap BLM No : 008/TAP.02/BLM/XII/2018. Bermotto “Mencintai Alam tanpa melupakan Akademis”, STAPALA bertujuan untuk mendidik mahasiswa dan alumni PKN STAN yang memiliki pengetahuan dan pengalaman memadai dalam pengelolaan kegiatan kepecintaalaman dan kemasyarakatan.

STAPALA mempunyai enam divisi yang berkaitan dengan kegiatan kepencintaalamannya yaitu Gunung Hutan, Arung Jeram, Susur Gua, Rock Climbing, Lingkungan, dan OKA & Keatletatan. Divisi OKA dan Keatletan ini khusus mempersiapkan atlet-atlet untuk berkompetisi pada perlombaan outdoor seperti Orienteering, kebut gunung dan panjat tebing.

Kegiatan rutin yang dilakukan STAPALA yaitu :
a.   penjelajahan seperti pendakian gunung, perkemahan, penyusuran pantai dan gua, panjat tebing, penguasaan medan/survival dan kegiatan kepencintaalaman lainnya;
b.     pendidikan keterampilan dasar dan lanjutan kepencintalaman;
c.  sosial kemanusiaan terkait pelestarian dan perlindungan alam, seperti penanaman pohon, kampanye pkn stan peduli sampah, bersih besar hutan jati kampus pkn stan dll;

STAPALA juga memiliki event tahunan diantaranya pendakian reuni untuk internal anggota STAPALA, Pendakian Umum PKN STAN, Fun Rafting PKN STAN, Fun Climbing PKN STAN, Penanaman Pohon untuk Hari Bumi, dan Diklat STAPALA. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan STAPALA diantaranya Juara 1 dan Juara 3 Decathlon Fun Orienteering di Mall Taman Anggrek (2019), Ekspedisi Pendakian mt. Aconcagua di argentina (2018), Juara 1 Sprint Orienteering Putra World Orienteering Day (2018), Medali Emas Speed Climbing Putra OPTK (2018), Medali perak Lead Climbing Putri OPTK (2018), Ekspedisi Pendakian Elbrus di Rusia (2011 dan 2018), dan masih banyak lagi.

Saat ini STAPALA aktif di berbagai media sosial antara lain:
Instagram        : @stapala
Twitter            : @stapala
Line                 : @stapala

Related Post

Back to Top

Cari Artikel