menu melayang

Rabu, 28 Agustus 2019

Pusat Studi Perpajakan




Pusat Studi Perpajakan atau yang biasa disebut PUSPA merupakan salah satu elemen kampus di bawah naungan BEM PKN STAN pada kementerian Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) yang bergerak dibidang akademik perpajakan yang mencakup pendidikan dan pembelajaran, termasuk kajian serta prestasi. Dibentuk pada tanggal 2 Mei 2015, PUSPA berfungsi untuk menyelenggarakan kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan kajian ilmiah perpajakan, pendidikan dan pelatihan, pencapaian prestasi dibidang perpajakan, dan kegiatan lain yang sejalan dengan tujuan organisasi. Sedangkan tujuan PUSPA adalah menjadi sarana mahasiswa PKN STAN untuk mengembangkan karya dibidang akademik perpajakan, menjadi wadah penelitian yang mampu menampung minat dan bakat mahasiswa dibidang perpajakan, serta menampung dan menyalurkan pemikiran mahasiswa di lingkungan PKN STAN dibidang perpajakan.

PUSPA dibagi dalam 3 bidang yakni :

1. Sekretariat Jenderal
    Menjalankan fungsi administrasi persuratan, pengelolaan keuangan, pengendalian internal, kewirausahaan, pengelolaan aset, dan pengorganisasian kegiatan.

2. Kajian dan Prestasi
    Mengkaji dan menganalisis isu-isu terkini dibidang perpajakan serta menjadi delegasi PKN STAN dalam pelbagai kompetisi perpajakan nasional.

3. Dokumentasi dan Layanan Informasi
    Mendokumentasikan kegiatan, mengelola akun resmi media sosial dan situs, serta menjadi bilik informasi kepada publik.

Kegiatan rutin PUSPA adalah mengirimkan delegasi keberbagai lomba perpajakan, mengirimkan perwakilan atau anggota untuk penyusunan kajian yang bergabung dengan KMP serta BEM, kegiatan lainnya seperti kelas online terkait dengan penulisan perpajakan dan international taxation, serta pertemuan non formal terkait perpajakan dan bidang pendidikan lainnya. Selain itu PUSPA memiliki event tahunan yakni Pekan Raya Perpajakan Nasional (PRPN) yang merupakan perlombaan perpajakan terbesar di Indonesia untuk memperebutkan piala Direktorat Jenderal Pajak.

Dengan motto ‘berkarya tanpa batas membentuk generasi cerdas’, PUSPA memiliki sejumlah prestasi, di mana baru baru ini mendapat juara 1, juara 2, dan juara harapan 2 pada Kompetisi Pajak Nasional di UNAIR, sebelumnya menjadi juara bertahan di PRPN serta mendapat juara pada Kompetisi Pajak yang diadakan oleh UI dan UB.

Untuk informasi lebih lanjut PUSPA dapat dihubungi melalui:
Instagram        : @puspapknstan
Line                 : @inf6220w

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel