menu melayang

Rabu, 28 Agustus 2019

Sabdanusa PKN STAN


Sabdanusa PKN STAN adalah elemen kampus yang bergerak di bidang seni dan budaya. Berawal dari adanya program kerja Kementrian Seni dan Budaya BEM PKN STAN yaitu kulumbud(Kuliah Umum Budaya), yakni semacam pelatihan/pelajaran mengenai budaya tari dan musik. Sabdanusa PKN STAN akhirnya secara resmi berdiri pada tanggal 15 Juni 2011.

Menjalankan fungsi sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang seni dan budaya, Sabdanusa PKN STAN dibentuk dengan tujuan sebagai wadah mahasiswa yg punya bakat dibidang tari dan musik tradisional, mempelajari dan melestarikan budaya indonesia baik internal antar penggiat tarian, begitu juga sebagai penampil di pembukaan acara di PKN STAN. Struktur organisasi Sabdanusa PKN STAN dibagi dalam 6 bidang yaitu sebagai berikut:

1. Badan Pengurus Harian
    BPH terdiri dari ketua umum, ketua I, ketua II, sekretaris I, sekretaris II, bendahara I, dan bendahara II.
2. Divisi Tari
    Terdiri dari kepala divisi, subdivisi Tari Saman, subdivisi Tari Tradisional dan anggota. Divisi ini fokus pada tari tradisional dan tari saman.
3. Divisi Musik
    Terdiri dari kepala divisi dan anggota divisi yang memiliki minat dan bakat di bidang musik tradisional khususnya Angklung.
4. Divisi LO
    Terdiri dari kepala divisi dan anggota divisi yang menjadi media penghubung antara Sabdanusa PKN STAN dan pihak eksternal.
5. Divisi Logistik
    Terdiri dari kepala divisi dan anggota divisi yang bertanggungjawab atas persediaan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan selama kegiatan.
6. Divisi HPD
    Terdiri dari kepala divisi dan anggota divisi yang bertanggungjawab atas dokumentasi, dalam bentuk foto/video kemudian mengolahnya menjadi suatu rangkuman seluruh kegiatan
7. Divisi Makeup and Costume
    Terdiri dari kepala divisi dan anggota divisi yang bertanggungjawab atas riasan dan kostum yang digunakan pada saat tampil pentas di suatu kegiatan/acara
8. Divisi Fundship
    Terdiri dari kepala divisi dan anggota divisi yang bertugas mencari dana agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar

Kegiatan rutin yang dilakukan Sabdanusa PKN STAN adalah pelatihan anggota tari dan musik tradisional, pengelolaan media sosial sabdanusa PKN STAN, dan rapat pengurus Sabdanusa PKN STAN. Selain itu, Sabdanusa PKN STAN mempunyai acara tahunan yaitu Pringgandana yang merupakan pertunjukan pagelaran pentas seni yang diselanggarakan setiap tahun dan dibuka untuk umum.

Saat ini Sabdanusa PKN STAN aktif di berbagai media sosial seperti Line, Instagram,  Akun media sosial Sabdanusa PKN STAN antara lain:
Line                 : @svx4639o
Instagram        : sabdanusastan
CP Line           : valyayasmin15

Related Post

Back to Top

Cari Artikel